Dokumen pribadi/Elisa, Bunga, Angel

 

Pernah mendengar salah satu stereotype yang menyebutkan bahwa anak komunikasi selalu terlihat ‘waw’ layaknya selebgram. Tak hanya soal skill yang bisa diadu, menjadi anak Ilmu Komunikasi kerap disebut sebagai salah satu jurusan penghasil ‘manusia mode’ karena tampilannya yang dianggap bergaya modis. Hal ini tentu dipengaruhi oleh salah satu peran seorang anak Ilmu Komunikasi sebagai ‘komunikator’ atau menjadi humas dalam suatu lembaga. Untuk menjadi seorang pembicara yang didengar, maka melakukan ‘grooming’ adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Berbusana dengan pantas dan berpenampilan rapi merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan, terutama jika menyangkut suatu kepentingan. Maka tak heran, jika anak Ilmu Komunikasi bisa berpenampilan dengan modis dan rapi ketika berkuliah. 

Yuk, intip padu padan ala cewek-cewek dari Fikomrade! 

Dokumentasi pribadi/Bunga

 

Tetap Tampil Trendi dengan Hijab 

Meski berhijab, kamu tetap bisa tampil trendi saat kuliah lho! Kata siapa berhijab tidak dapat membuat kamu terlihat menarik saat kuliah? Ada berbagai padu-padan yang dapat dicoba ketika kamu menggunakan hijab saat berkuliah. Untuk menghasilkan kesan yang santai namun tetap sopan, kamu bisa menggunakan atasan kemeja atau kaos dengan luaran dengan bawahan celana jeans atau kulot. Untuk menghadirkan tampilan yang boyish kamu bisa menggunakan luaran dari kemeja flanel. Untuk alas kaki, gunakan sneakers kesayanmu dengan warna netral seperti hitam atau putih. Gunakan tas sesuai keperluan seperti tote bag, sling bag, atau ransel. Kamu bisa menggunakan berbagai macam aksesoris seperti jam tangan, gelang, hingga topi untuk mendukung penampilanmu. 

Dokumentasi pribadi/Alika

 

Untuk menghasilkan tampilan yang formal dan sopan untuk menghadiri acara kampus seperti awarding, kamu bisa menggunakan kemeja putih yang dilapisi blazer dan celana kulot. Untuk tampilan yang lebih elegan dan girly, gunakan dress panjang dengan lapisan cape blazer atau blazer. Untuk alas kaki, sebaiknya gunakan flat shoes atau wedges agar membuatmu lebih nyaman dan leluasa untuk bergerak. 

Dokumentasi pribadi/Santi

 

Celana Denim Sejuta Umat

Salah satu item favorit Fikomrade untuk berkuliah adalah celana denim. Celana denim merupakan material yang kuat berbahan cotton twill. Celana denim sangat cocok untuk dipadu-padankan dengan baju apapun, seperti kaos, hoodie, sweater, hingga kemeja. Maka tak heran, jika fashion item ini merupakan primadona yang sering digunakan oleh Fikomrade. Tak hanya tampilannya yang trendi dan mudah untuk dipadu padankan, celana dengan bahan denim atau celana juga membuat seseorang bergerak lebih leluasa. Jika bosan dengan tampilannya yang polos, celana denim dapat dimodifikasi untuk membuatnya terlihat lebih menarik, seperti dirobek hingga menghasilkan ripped jeans atau dilukis. 

Dokumentasi pribadi/Natasha

 

Seperti Natasha dan Elisa yang menjadikan celana jeans sebagai andalannya. 

Q: . Gaya andalan kalo ngampus?

Elisa: “Casual pastinya apalagi pake jeans andalannnn 24/7 hehehe”

Q: Kalo ke kampus nyaman pake baju apa?

Natasha: “Kalo aku suka nyaman pake kemeja, kaos, jas, sama celana jeans”

Tampil Feminin dengan Dress atau Rok

Dokumentasi pribadi/Santi

 

Berpenampilan feminin sesekali tentu tidak ada salahnya? Agar tidak bosan dengan celana, memakai dress atau rok tentu akan menjadi hal yang menarik. Meski kerap dianggap, ribet dan menyusahkan ketika menggunakan motor, memakai dress atau rok akan membuat kesan menjadi lebih anggun dan feminin. Tidak melulu menjadi formal, agar terlihat santai, kamu bisa memadukan dengan luaran seperti jaket denim, outer rajut, bahkan kemeja. Untuk alas kaki, kamu bisa menggunakan berbagai jenis alas kaki yang sesuai, mulai dari sandal, sepatu sneakers, flat shoes, wedges, hingga sepatu fesyen seperti docmart atau boots. Kamu bisa tambahkan aksesoris untuk memberikan aksen pada busana dress-mu, seperti memberikan ikat pinggang kecil sebagai hiasan atau kalung. Lalu, apakah sepenting itu untuk memperhatikan busana ketika berkuliah? Berikut pendapat dari Fikomrade #Cewek

Dokumentasi pribadi/Angel

 

Q: Penting ga sih OOTD-an kalo ngampus? 

Elisa: “Tergantung ke kampus nya buat apa sih.. kalo pas kelas ya pake yg lebih formal dikit lah, kalo pas magang biasa ya kaosan gpp, kalo pas acara penting (awarding dll) pake formal rapi pastinya”

Santi: “50/50 tergantung sih pertemuannya kayak gimana. Kalau kelas yang ga terlalu panjang yang penting sopan dan rapi, mungkin bakal full ootd karena aturan dresscode atau memang ada acara pertemuan”

Angel: “Menurut ku OOTD-an ke kampus itu gak seberapa penting, yang penting kita berpakaian sopan aja si kalau aku. Cuman tergantung mood juga kalo lagi niat ootd pasti ootd banget hahaha”

Natasha: “Penting”

Lea: “Penting tapi kalo acaranya cuma kelas mentoring 15 menit terus gada kegiatan lain agak males si jujur”

Nene: “Relatif sih, tergantung dari diri kita sendiri paling pede pake outfit apa dan harus pake yang senyamannya kita, yang penting outfit itu sesuai dengan tempat”

Nah, Fikomrade. Terlepas dari bagaimana kepribadianmu, menjaga penampilan tentu sangat penting. Bukan hanya sebatas untuk bergaya trendi masa kini, penampilan juga dapat mencerminkan apa yang orang lain pikirkan tentang kamu. Tak hanya melulu soal busana apa yang sedang hits atau mahal, namun bagaimana agar kita menghargai diri sendiri dan juga orang lain dengan menggunakan busana yang sesuai dan rapi. 

Dokumentasi pribadi/Lea, Nene

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu