Ilustrasi Community Relations | Sumber: annetiedt.com

 

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang Government Relations sebagai salah satu cabang dari PR, pada artikel ini kita juga akan membahas satu cabang lainnya dalam PR, yaitu Community Relations.

Apa itu Community Relations?

Community Relations atau Hubungan Komunitas adalah salah satu cabang dalam Public Relations yang kegiatannya adalah berfokus menjalin hubungan organisasi/perusahaan terhadap komunitas yang ada di sekitarnya. Definisi Community Relations menurut para ahli:

  • Onong Uchajana Efendi menyebutkan bahwa Community Relations adalah kegiatan komunikasi dua arah secara timbal balik antara suatu organisasi, misalnya jawatan, perusahaan, lembaga, badan dan lain-lain dengan penduduk yang bertempat tinggal di sekitarnya dalam rangka membina kerjasama yang akrab demi kepentingan bersama, yang dilandasi asas saling pengertian dan saling percaya.
  • Gregory, yang dikutip oleh Yosal Irianta dalam bukunya Community Relations (2004), Community Relations atau Hubungan Komunitas adalah hubungan bisnis yang saling menguntungkan dengan satu atau lebih stakeholders untuk meningkatkan reputasi perusahaan menjadi sebuah perusahaan yang baik bagi masyarakat. 
  • Jerold mendefinisikan Community Relations sebagai peningkatan partisipasi dan posisi organisasi di dalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya untuk kemaslahatan bersama bagi organisasi dan komunitas.

Mengapa Community Relations Harus Ada?

Menjalin hubungan dengan pihak di luar organisasi atau perusahaan sehingga terbentuk opini publik yang positif terhadap organisasi atau perusahaan adalah salah satu fungsi eksternal dari suatu humas. Salah satu target dari pekerjaan eksternal Public Relations, yaitu kegiatan yang ditargetkan kepada masyarakat sekitar. Dengan begitu masyarakat di sekitar akan berhubungan saling menguntungkan dengan organisasi atau perusahaan. Sementara itu, peran dari Community Relations antara lain adalah:

  • Untuk meningkatkan brand awareness.
  • Untuk membangun citra perusahaan.
  • Untuk mendapatkan perhatian dan dukungan dari masyarakat.

Kemampuan dalam Community Relations

Jika anda tertarik untuk menjadi Community Relations ini adalah skill yang perlu diasah agar dapat menjadi Community Relations yang baik:

  • Kemampuan Komunikasi Karena profesi ini akan berhubungan langsung dengan masyarakat luar, jadi dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat menjalankan kegiatan dengan lancar.
  • Kemampuan Menganalisis Profesi ini membutuhkan kemampuan menganalisis yang mumpuni untuk dapat menganalisis keadaan masyarakat untuk menentukan kegiatan yang akan dilakukan.
  • Kemampuan Active Listening Untuk menentukan strategi yang baik dibutuhkan kemampuan mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu