[Ditulis oleh Peter Anugrah Putra, FIKOM 2018]

Self healing | Sumber. beautynesia.id

Setiap dari kita pasti memiliki masalahnya masing-masing, begitu juga dengan anak muda yang pasti pernah galau terhadap sesuatu, seperti galau masalah kuliah, masalah percintaan, atau perosoalan lainnya. Cara untuk mengobati diri setiap anak muda juga berbeda setiap individu. Salah satu kata yang biasanya digunakan oleh anak muda jaman sekarang adalah self healing. Lalu apa itu self healing dan mengapa penting untuk kita melakukannya. Self healing adalah suatu proses untuk pemulihan dari trauma ataupun pengalaman yang mengganggu emosional dan kesehatan mental seseorang, bahkan kesedihan yang dapat memicu seseorang untuk stres. Berbagai cara yang dapat dilakukan sebagai self healing untuk memulihkan dan mengembalikan tingkat kebahagian diri sendiri. Yuk, pelajari beberapa cara yang bisa mengobati stres kita:

1) Belajar memaafkan diri dari segala kesalahan yang pernah kita perbuat 

Setiap individu pasti pernah melakukan kesalahan yang menyebabkan kegagalan ataupun kerugian pada dirinya. Terlebih anak muda yang memiliki kecendrungan untuk melakukan sesuatu sebelum dipikirkan, sehingga terkadang telat untuk menyadari bahwa yang dilakukan adalah salah. Namun, kita perlu memaafkan atas segala tindakan bodoh yang pernah kita lakukan karena yang sudah terjadi tidak dapat diulang tetapi dapat diperbaiki.

2) Menerima diri sendiri akan masa lalu yang pernah dialami

Penting untuk kita meluangkan waktu untuk melihat diri kita dan mulai untuk berdamai dengan diri kita sendiri, seburuk apapun masalalu yang sudah kita alami. Mulai dari penerimaan diri dari segala kekurangan yang kita miliki. Berdamai dengan diri sendiri dapat membuat kita dapat fokus terhadap kegiatan yang lebih positif dan meningkatkan kebahagian.

3) Selalu belajar menjadi sosok yang lebih baik 

Setelah kita berhasil menerima diri sendiri, maka tindakan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai melangkah untuk berusaha menjadi seorang yang lebih baik. Meskipun pada kenyataannya tidak mudah, namun jika kita terus berusaha maka kita akan berhasil menjadi seorang yang lebih baik dari kemarin. Hal ini dapat dilakukan dengan kegiatan sederhana sehari-hari, seperti memberikan motivasi kepada diri sendiri setiap hari, memberikan senyuman kepada orang lain, berpikir positif kepada apapun yang dialami, dan bersyukur atas setiap kejadian. Dengan begitu akan membuat kita lebih bahagia.

Meskipun setiap individu memiliki waktu saat self healing dan caranya sendiri. Namun jangan membuat kita larut terhadap masalah yang kita alami, karena akhirnya hanya membuat kita tidak produktif dan mengurangi berkat yang seharusnya kita dapatkan. Oleh sebab itu, segera move on dan lakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu