Ilustrasi: Newsletter Perusahaan | Sumber: Pexels

[Ditulis oleh Hadjar Chanissa Nur Malika, FIKOM 2020]

Kita kerap kali menemukan email newsletter dari beberapa perusahaan. Email newsletter tersebut bisa terkirim karena kita berlangganan atau perusahaan tersebut memiliki email milik kita. Isi dari newsletter biasanya berupa info perusahaan, promo produk, hingga informasi event. Untuk sebagian orang, newsletter dianggap sebagai spam email dan tidak berguna, namun di sisi lain banyak orang yang mengetahui promo dari perusahaan lebih cepat daripada iklan di media lainnya melalui newsletter. Seberapa pentingkah newsletter bagi perusahaan? 

A periodically published work containing news and announcements on some subject, typically with a small circulation.”   ̶  Dictionary.com

Dilihat dari namanya, newsletter terdiri dari dua kata, yaitu news  yang berarti berita dan letter yang berarti surat. Jika digabungkan, kedua kata tersebut bisa disebut sebagai surat yang berisi berita. Dilansir dari SendPulse, newsletter merupakan suatu email yang berisi mengenai pemberitahuan atau berita terbaru dari suatu perusahaan untuk setiap pelanggannya. Isi dari email tersebut berbagai macam, mulai dari fitur terbaru, artikel rekomendasi dari blog perusahaan, hingga berita penting lainnya. 

Newsletter bisa juga disebut sebagai editorial yang diterbitkan secara berkala untuk kalangan sendiri (Kriyantono: 2008). Pengertian lainnya menurut Rosady Ruslan (2006)  adalah penerbitan inggriya atau in-house sederhana untuk menyampaikan pesan dari perusahaan kepada khalayak. Pada awalnya, newsletter adalah house journal yang biasa digunakan oleh para humas untuk keperluan publikasi atau alat komunikasi dengan kalangan tertentu, misalnya nasabah, relasi bisnis, mitra, konsumen, atau karyawan. Maka dari itu, tidak semua newsletter disebarkan untuk kalangan eksternal perusahaan, ada juga newsletter yang khusus untuk internal perusahaan. Umumnya berisi seputar aktivitas di dalam perusahaan seperti berita promosi kenaikan jabatan, kegiatan karyawan, dan pengumuman penting lainya. 

Strategi dengan menggunakan newsletter bisa disebut sebagai salah satu dari metode email marketing. Metode seperti ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar di dunia. Tentu saja newsletter tidak dikirim ke semua orang. Newsletter hanya akan dikirimkan kepada orang yang sudah mendaftarkan emailnya dan masuk ke dalam daftar perusahaan. Misalnya, jika kita ingin mengunjungi suatu website dari salah satu perusahaan, lalu kita diminta untuk login dengan email agar bisa mengeksplorasi laman web lebih jauh atau untuk mendapatkan potongan khusus, maka dari situlah perusahaan mendapatkan email milik kita. Biasanya, orang yang mendaftarkan emailnya, selain akan mendapatkan newsletter juga akan mendapat keuntungan lain, seperti diskon khusus hingga merchandise gratis. 

Newsletter tentu memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan, dilansir dari laman accurate.id , di antaranya: 

  • Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan 

Salah satu keuntungan bagi perusahaan mengirimkan email newsletter adalah dapat menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Selain dapat berinteraksi dengan konsumen, menulis nama pelanggan dalam email newsletter juga memberikan kesan yang lebih personal. 

  • Promosi Konten 

Salah satu strategi dari content marketing adalah membuat konten di berbagai platform media, seperti blog, Youtube, Instagram, dan lainnya. Untuk meningkatkan traffic dari pengunjung konten, newsletter bisa digunakan untuk mempromosikan konten perusahaan. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Apalagi konten yang disediakan sangat berhubungan atau related dengan kehidupan pelanggan. Selain blog perusahaan akan mendapatkan kunjungan, hal ini juga membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam mempromosikan produknya. 

  • Mendapatkan dan “Membimbing” Lead 

Perusahaan dapat membimbing lead yang didapatkan dari pelanggan. Dengan adanya newsletter perusahaan  dapat secara tidak langsung mendapatkan data diri dari pelanggan, seperti informasi pribadi, alamat email, dan lainnya. Hal ini bukan semata-mata karena perusahaan ingin mendapatkan keuntungan sepihak, biasanya ada beberapa perusahaan yang akan mengirimkan kupon, diskon khusus, hingga merchandise khusus untuk pelanggan yang bersedia memberikan data dirinya. Selain manfaat di atas, newsletter juga berfungsi sebagai media publikasi untuk menaikkan citra perusahaan, sebagai alat komunikasi dengan karyawan perusahaan, penunjang reputasi dan identitas perusahaan, dan lainnya.

Newsletter memang sangat penting dan banyak berpengaruh bagi perusahaan. Bukan hanya masalah citra, namun newsletter juga bisa menjadi langkah untuk konsumen semakin mengenal produk dan perusahaan hingga akhirnya ingin membeli produk dari perusahaan. Dalam membuat newsletter juga tidak bisa asal buat. Ada beberapa trik tertentu yang harus dilakukan agar memiliki tampilan yang menarik bagi pembaca, seperti: 

  1. Memiliki tampilan yang responsif. 
  2. Menggunakan kata yang simpel dan unik. 
  3. Memiliki tampilan dengan visual yang berestetika.
  4. Berisi isi dari berbagai konten yang berbeda.
  5. CTA (Call to Action)  yang spesifik, misal klik link website, mengisi survey, dan lainnya.

Ketika mencoba membuat newsletter, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan pakarnya. Mencoba memulai membuat newsletter selain diperhatikan dari segi marketing, perhatikan juga redaksionalnya agar newsletter yang dibuat memiliki value untuk dibaca, 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu