Ilustrasi: Perkuliahan dari di FIKOM UC | Sumber: Koleksi pribadi

[Ditulis oleh Yavrina Syafarani. mahasiswa FIKOM 2020]

Bakat dan minat merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan pendidikan lanjutan. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, keputusan untuk menentukan satu pilihan dari berbagai macam opsi bisa ditentukan dengan mudah. Seperti halnya menentukan program studi di perguruan tinggi. Kebimbangan menjadi hal yang lumrah bagi anak SMA saat menentukan pilihan di mana hendak  melanjutkan studi. Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebimbangan, antara lain dengan mengenali apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari opsi pilihan yang ada. Salah satu aspek yang dapat kita bicarakan, yaitu fasilitas. Fasilitas di Universitas Ciputra tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Laboratory of Communications and Media Convergence (LCMC) adalah salah satu fasilitas laboratorium program studi komunikasi tercanggih di Jawa Timur dan sudah menjadi rahasia umum. Di dalam laboratorium ini terdapat lima jenis lab yang digunakan untuk menunjang kegiatan perkuliahan di FIKOM (Fakultas Ilmu Komunikasi) UC agar dapat berjalan secara maksimal dan efektif. Laboratorium televisi di LCMC menggunakan teknologi visual yang didukung dengan kamera HD 4K pertama di Surabaya, sekelas dengan kamera di stasiun televisi nasional. Tak hanya di lab televisi, laboratorium lainnya seperti, audio visual, radio, Public Relation (PR), dan editing juga dilengkapi dengan perangkat yang tentunya tidak main-main dan bisa diandalkan. Selama menjadi mahasiswa FIKOM UC, ilmu yang didapatkan juga akan memberikan manfaat meskipun perkuliahan ditempuh di masa pandemi yang mana proses pembelajaran dilakukan secara daring dengan memanfaatkan platform, seperti Zoom, Youtube streaming, siaran radio, film, dan media lainnya.

Tentu menjadi awal yang sulit bagi mahasiswa baru yang menghadapi masa peralihan antara masa sekolah dengan kehidupan perguruan tinggi. Namun hal itu tidak menjadi kekhawatiran bagi mahasiswa baru di Universitas Ciputra. Dengan proses orientasi yang dikemas semenarik mungkin, tentu akan sangat membantu mengenalkan lingkungan kampus dengan jelas terhadap mahasiswa baru. Selain itu, para mentor yang sudah disediakan akan menjadi sosok yang menemani dan membimbing mahasiswa baru untuk lebih optimal mengeksplorasi kegiatan selama menjadi mahasiswa baru, sebelum mandiri. Kegiatan yang dilakukan antara lain pengenalan tata cara perkuliahan di masing-masing program studi yang dipilih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu