Kegiatan Kemahasiswaan di FIKOM Universitas Ciputra

[Ditulis oleh Peter Anugrah Putra, FIKOM angkatan 2018]

Kita sebagai mahasiswa memang dituntut untuk belajar dan mengerjakan setiap tugas, nnamun yang perlu diketahui bahwa mahasiswa tidak hanya belajar saat di kelas atau mengerjakan tugas saja. Mahasiswa juga dapat mendapatkan berbagai ilmu dari kegiatan di luar kelas, seperti mengikuti organisasi fakultas atau universitas, mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai dengan hobi kita, atau mengikuti magang dan kegiatan freelance di tempat tertentu. Jika mahasiswa ingin bergabung dengan organisasi di lingkup kampus ataupun di luar, di bawah adalah beberapa manfaat yang didapatkan:

1) Mengasah Hard Skill ataupun Soft Skill

Saat kita bergabung di sebuah organisasi yang menurut kita cocok dengan bakat atau kemampuan kita, maka secara bertahap kemampuan kita akan terasah sehingga akan lebih jago. Seperti saat kita hobi bermain musik dan kita ikut ke UKM band yang ada di kampus, kita akan terlatih untuk semakin ahli memainkan alat musiknya. Ditambah lagi, soft skill kita akan terasah terutama dalam hal cara berkomunikasi kita dengan teman, kakak-adik angkatan, maupun pihak luar dari organisasi kita, sehingga karakter kita juga akan terbentuk.

2) Memperluas Jaringan dengan Banyak Orang

Tergabung ke sebuah organisasi pasti kita akan menemukan banyak orang baru yang memiliki keahlian yang berbeda-beda. Terlebih saat kita melakukan kegiatan dalam organisasi tersebut kita juga akan berkomunikasi dengan pihak yang lebih luas lagi yang mungkin belum tentu dapat kita jangkau sebelumnya sehingga dapat kita manfaatkan suatu saat sebagai rekan bisnis, mentor, dan kita dapat belajar banyak dari jaringan yang kita peroleh. 

3) Menambah Pengetahuan Baru

Sudah pasti organisasi akan memberikan kita banyak pengetahuan baru lewat diskusi dengan teman-teman di organisasi ataupun pihak luar yang terhubung dengan organisasi. Hal ini tentu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas kita sebagai mahasiswa, apalagi jika kita dituntut untuk mengerjakan tugas kita sebagai anggota sehingga membuat kita mesti menguasai suatu bidang agar hasilnya maksimal.

4) Sudah Pasti Belajar Kepemimpinan

Meskipun saat di awal kita masuk organisasi kita akan ditunjuk sebagai anggota biasa untuk belajar banyak dari para senior kita. Namun ada kalanya kita akan memipin sebuah kegiatan yang akan dilakukan oleh organisasi. Dari setiap tugas yang diberikan pasti kita akan belajar bagaimana cara untuk memimpin orang untuk mengerjakan tugas sesuai dengan jobdesc-nya. Hal ini akan sangat sulit dilakukan jika kita tidak mengikuti organisasi.

Itu dia beberapa manfaat saat kita tergabung dalam sebuah organisasi baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Perlu diketahui bahwa semua yang kita dapatkan saat berorganisasi belum tentu kita dapatkan pada mata kuliah dari kuliah kita sebagai mahasiswa. Hal ini juga menjadi pertimbangan banyak perusahaan saat mencari orang untuk bekerja karena jika pernah mengikuti organisasi maka tau cara bekerjasama dalam sebuah tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu