Sumber: Irina L/Pixabay

Kesehatan merupakan barang mahal yang harus kita syukuri keberadaannya. Semenjak munculnya pandemi virus corona, uang sebanyak apapun rasanya terlalu kecil dibandingkan dengan pertarungan tubuh dengan virus mempertaruhkan nyawa. Meski terdengar sepele, terkadang beberapa kasus penyakit datang dari hal-hal remeh yang kerap diabaikan. Entah dari seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji, konsumsi gula yang berlebihan, hingga pola tidur yang kurang. 

Menjadi mahasiswa merupakan salah satu pekerjaan yang dibebani dengan banyak hal, mulai dari tugas perkuliahan, aktivitas di luar perkuliahan seperti mengikuti organisasi, hingga ada yang bekerja dan menjalankan usaha. Meski begitu, tentu jangan sampai abai terhadap kesehatan sendiri. Terutama, bagi anak perantauan yang mungkin jauh dari pengawasan orang tua sehingga pola makan dan olahraga menjadi tidak teratur. Berikut tips berolahraga yang muda untuk dilakukan bagi para mahasiswa: 

  • Jalan atau Jogging
Sumber: dsandzhiev/Pixabay

 

Olahraga murah namun tetap mudah dilakukan adalah berjalan kaki atau melakukan jogging. Meski terlihat sebagai olahraga yang mudah, namun manfaat yang diberikan sangat banyak. Selain dapat membakar kalori, jalan kaki atau jogging yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit mematikan seperti diabetes dan menguatkan kekuatan jantung. 

  • Renang 
Sumber: David Mark/Pixabay

 

Ingin berolahraga namun tidak ingin badan berkeringat berlebihan? Renang bisa jadi olahraga yang cocok. Dengan berenang, kamu bisa membakar kalori sekaligus latihan untuk menguatkan otot, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan kemampuan kapasitas jantung dan paru-paru. Berenang juga bisa menjadi kegiatan untuk berlatih pernafasan bagi orang yang sering siaran atau menjadi public speaker.

  •  Yoga 
Sumber: Shahariar Lenin/Pixabay

Penat dengan aktivitas perkuliahan? Kamu bisa mencoba untuk melakukan yoga. Tidak harus berada di sanggar yoga, kamu bisa menonton video tutorial yoga di Youtube. Untuk peralatan kamu bisa menggunakan yoga mat sebagai alas. Dianggap sebagai olahraga meditasi, yoga ampuh untuk mengurangi tingkat stress dan dapat memperbaiki postur tubuh.

  • Bulu Tangkis 
Sumber: Salman Hossain Saif/Pixabay

 

Jika punya teman di kos, kamu bisa mencoba untuk bermain bulu tangkis untuk berolahraga. Meski sudah banyak tersedia gedung khusus untuk bermain bulu tangkis, kamu bisa memanfaatkan halaman kos atau lapangan di sekitar kos untuk bermain. Selain lebih murah, kamu bisa berkenalan dan mengajak bermain orang lain. Bermain bulu tangkis dapat meningkatkan fungsi kognitif otak seperti ketangkasan karena mengharuskan koordinasi antara tangan dan kaki yang selaras.  

  • Senam Aerobik 
Sumber: Pixabay

 

Cara mudah untuk tetap mengontrol badan yang sudah cukup sehat adalah dengan melakukan senam aerobik. Dengan melakukan aerobik ringan secara rutin, kinerja jantung akan meningkat dan pernafasan akan bekerja dengan lebih baik. Kamu dapat menirukan gerakan senam aerobik dari video-video di internet seperti Youtube atau mengikuti influencer kesehatan favoritmu. 

  • Menari 
Sumber: Andrea Piacquadio/Pexels

 

Siapa sangka menari juga bisa menjadi olahraga alternatif bagi kamu yang tidak ingin berolahraga terlalu berat. Dengan menari kamu bisa membakar kalori sekaligus menaikkan moodmu. Menari dapat membuat tubuhmu menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku. Tak melulu dengan gerakan yang susah, kamu bisa mencoba menari dengan gerakan yang mudah seperti dari gerakan TikTok. Kamu bisa menari dengan temanmu dan mencoba mengunggahnya di media sosial. Olahraga diatas memang terlihat seperti hal yang mudah untuk dilakukan, namun ada juga hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatanmu. Perhatikan juga menu makan dan jam istirahat setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu