Prospek Kerja Mahasiswa FIKOM [Sumber: 123rf.com]
[Ditulis oleh Peter Anggorojati Anugrah Putra, FIKOM 2018]

Sekarang dunia sudah mencapai perkembangan industri 4.0 di mana teknologi berperan penting dalam industri dunia. Semua mulai beralih ke dunia digital dan membutuhkan para ahli yang kreatif dan inovatif. Program Studi Ilmu Komunikasi adalah salah satu program di Universitas Ciputra Surabaya yangbanyak dibutuhkan dalam di era industri 4.0.  Setiap mahasiswa Ilmu Komunikasi mempelajari Public Relations, Komunikasi Pemasaran, Jurnalistik, Penyiaran, Riset, Manajemen, Videografi, dan Fotografi, termasuk Periklanan. Oleh karena bidang yang dipelajari sangat luas, maka lulusan ilmu komunikasi banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar ataupun start-up. Berikut ini prospek kerja lulusan dari ilmu komunikasi, di antaranya.

  • Videografer dan Fotografer 

Selain bertugas merekam gambar, videografer adalah seseorang yang juga bertugas mengarahkan, menyunting video, hingga mengatur suara. Bukan hanya itu videografer juga dituntut untuk dapat melakukan editing yang handal sesuai yang diinginkan klien. 

  • Marketing Specialist

Seorang profesional bisnis yang bertugas untuk mengembangkan program pemasaran, serta mengirimkan materi untuk menjangkau pelanggan melalui berbagai metode komunikasi.

  • Media

Dengan latar belakang komunikasi, kamu bisa masuk ke berbagai jenis pekerjaan yang ada dalam industri ini. Baik dari segi broadcastoffline atau online. Kamu bisa menentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan kemampuan atau impianmu. Media adalah bidang yang tepat bagi kamu yang sedang kuliah jurusan komunikasi.

  • Public Relations

Secara umum memiliki tugas untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan dan menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness pada klien. 

  • Event Organizer

Sebutan lainnya adalah pengelola suatu kegiatan (pengorganisir acara). Setiap kegiatan yang di selenggarakan bertujuan untuk memperoleh keuntungan di kedua belah pihak, baik penyelenggara maupun yang hadir pada saat kegiatan berlangsung.

  • Digital Marketer

Mereka yang fokus pada pemasaran produk yang dilakukan melalui digital platform perusahaan tertentu yang bertujuan untuk membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan penjualan.

Nah, poin-poin di atas adalah gambara prospek pekerjaan yang bisa dikejar oleh mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi. Setelah mempelajari Ilmu Komunikasi, Anda sendiri tertarik bergiat di bidang apa?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu