[Ditulis oleh Peter Anugrah Putra, FIKOM 2018]

Ilustrasi: IKIGAI | Sumber: dezignark.com

Setiap orang pasti pernah gelisah dan kebingungan akan sesuatu, Apalagi mahaiswa Zaman sekarang yang sering insecure dan galau, seperti masalah dengan pacar, berantem dengan teman kampus, atau orang tua yang kurang mendukung. Hal ini membuat mahasiswa tidak merasa bahagia saat menjalankan aktivitas di setiap hari, padahal untuk mencapai suatu tujuan tertentu kita harus bahagia dalam melakukan segala sesuatu. Oleh sebab itu, kita perlu belajar tentang konsep IKIGAI yang berasal dari negara Jepang. IKIGAI sendiri berarti makna atau nilai kehidupan yang akan membuat hidup kita bermanfaat, seimbang, dan penuh dengan makna sehingga kita melakukan segala sesuatu dengan memberikan yang terbaik. Ada empat langkah yang dapat kita cari tahu melalui IKIGAI:

  • Cari tahu apa yang kita cintai untuk kita lakukan

Pasti kita memiliki kesukaan terhadap suatu aktivitas, meskipun kita sedang lelah dan tidak dibayar pun kita tetap mau untuk melakukannya. Itu disebut dengan passion dan setiap orang memiliki passion yang berbeda-beda. Passion ini dapat kita asah dan kembangkan sampai kita menjadi ahli.

  • Mencari tau apa yang sekarang dunia butuhkan

Jika tadi kita melihat dari sudut pandang kita saja, sekarang kita perlu untuk melihat sekeliling kita. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan mission, di mana dari apa yang kita sukai dan apa yang orang lain butuhkan dapat kita padukan. Seperti saya memiliki kesukaan di bidang fotografi, dan ada sepasang calon pengantin yang ingin melakukan prewedding shoot, kalian dapat menawarkan hobi dan keahlian fotografi kepada sepasang calon pengantin tersebut.

  • Mulai mencari apakah itu dapat memberikan penghasilan

Setelah mengetahui apa yang kita sukai kita bisa mulai mencari apakah dari hobi tersebut kita bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Mungkin dari beberapa teman atau kenalan kita yang menyukai hasil foto kita. Kita dapat mulai memberikan harga untuk jasa fotografi. Akan sangat menyenangkan jika apa yang kita sukai dapat menghasilkan uang bukan?

  • Apa keahlian yang dikuasai dengan baik?

Mulai dari hobi yang kita tekuni dan mendalaminya dengan mengikuti pelatihan atau kelas yang dapat meningkatkan skill yang sudah dimiliki. Kita dapat mulai memberanikan diri untuk membesarkan bisnis production house atau jasa foto-foto di penyelenggaraan acara. Sangat menyenangkan jika kita berhasil menemukan IKIGAI kita, sehingga kita melakukan apa yang kita cintai dan mendapatkan uang. Kemampuan fotografi misalnya dapat dijadikan sebuah profesi yang menjanjikan akhirnya.

Untuk kita yang masih muda, kita juga dapat mulai untuk mencari irisan-irisan dari IKIGAI. Apalagi kita masih belum dituntut untuk membiayai hidup, sehingga tidak ada yang membebani untuk kita mencari uang dari apa yang kita cintai. Mulai cari bakatmu dan terus kembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu