FIKOM UC Mendorong Literasi Digital Guru dan Siswa SD-SMP Dalam Festival Literasi Sidoarjo 2023

Oleh: Monika Teguh

Selama ini kita memahami bahwa literasi terwujud dalam kemampuan membaca dan menulis. Namun tidak dapat dipungkiri seiring dengan perkembangan zaman, maka dibutuhkan bentuk literasi lain, yaitu literasi digital. Literasi digital dibutuhkan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Mau tidak mau, kita saat ini selalu terpapar oleh berbagai bentuk komunikasi digital. Beragam konten digital juga mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Maka dari itu kemampuan untuk mengolah dan mencipta berbagai konten digital menjadi kebutuhan dalam pembelajaran.

Untuk menjawab tantangan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo mengadakan Festival Literasi Sidoarjo. Festival ini diselenggarakan untuk menguatkan 4 pilar literasi digital bagi guru dan siswa, antara lain cakap digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Salah satu bentuknya adalah dengan lomba pembuatan video bagi guru dan siswa SD-SMP se-Sidoarjo. Nah, dalam event ini, FIKOM UC turut berpartisipasi. Ketua Program Studi, Dr. Cosmas Gatot Haryono, S.Sos., M.Si., serta dua orang dosen, Bernard Realino Danu Kristianto, S.I.Kom., M.I.Kom., dan Louisa Christine Hartanto, S.I.Kom., M.Si. menjadi juri dalam ajang lomba tersebut. Melakukan seleksi terhadap lebih dari 4.000 karya video, para dosen tidak hanya memilih siapa yang layak menjadi pemenang, namun juga memberikan masukan-masukan agar para peserta kedepan bisa lebih maju lagi dalam pembuatan konten digital.

Penyerahan Sertifikat dan Plakat Dewan Juri Festival Literasi Sidoarjo

Sebagai apresiasi atas dukungan dari FIKOM UC kepada Festival Literasi Sidoarjo, pada hari Selasa, 28 November 2023, para dosen diundang untuk menghadiri acara puncak. Pada kesempatan ini mereka memperoleh sertifikat dan plakat di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo. Bapak Cosmas Haryono menyatakan “Kami senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, mendorong literasi digital terutama dalam pembuatan konten sangat sesuai dengan keahlian kami di FIKOM UC. Maka dari itu kegiatan ini dapat menjadi wujud pemanfaatan ilmu kami bagi masyarakat luas”. Bapak Bernard Danu juga menambahkan “Kami juga sangat mengapresiasi antusiasme guru dan siswa dalam membuat konten video. Semoga masukan-masukan dari kami akan berguna untuk pembelajaran di sekolah-sekolah Sidoarjo ke depannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed