Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media
Lecturer of Communication Science, School of Communication and Media Business
Dr. Cosmas Gatot Haryono, S.Sos., M. Si., yang akrab disapa dengan Pak Cosmas merupakan dosen program studi Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra Surabaya. Lulus di tahun 2002 sebagai sarjana Ilmu Komunikasi, pada tahun 2010 beliau menyelesaikan studi Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia dengan bidang kajian Corporate Communication dan CSR. Kemudian menyelesaikan studi doktoral Ilmu Komunikasi di kampus yang sama pada tahun 2019 dengan bidang kajian Ekonomi Politik Media. Sebelum menjadi dosen, Dr. Cosmas memiliki pengalaman kerja yang cukup panjang di industri televisi. Pada tahun 2002 hingga 2007 sebagai jurnalis di TV7 dan pada tahun 2007 hingga 2013 bekerja di SCTV. Di luar kesibukan sebagai dosen, Dr. Cosmas juga aktif dalam menjadi pembicara, meneliti, menulis buku, reviewer jurnal, dan memberikan pelatihan di bidang komunikasi. Beberapa publikasi dan penelitian yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
- Kontestasi Simbol Kesuksesan Kaum Urban Jakarta dalam Ruang Liminal Arisan Keluarga (Studi Interaksionisme Simbolik tentang Kontestasi Simbol Kesuksesan dalam Ruang Liminal Arisan Keluarga Batak Marga Napitupulu), Jurnal Scriptura, Vol 7 (1), 2015
- Commodification of Labor And The Morphogenesis Of Exploitative Structure In Television Program Production, published in Atlantis Press Proceeding for Social Science, Education, and Humanities, Vol 260, 2018
- Hegemoni Budaya Patriarki pada Analisis Naratif Tzvetan Todorov terhadap Film Kartini, SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi 12 (1), 2019
- Framing News of the Indonesian Government’s Determination to Encourage Green Economy, Blue Green Economy and Green Technology, proceeding QIR 2021
- Covid-19 Murals: Autocritique messages from society in the public sphere, Proceeding Social and Political Issues on Sustainable Development in the Post Covid-19 Crisis, published by: Routledge, 55-65 (ICHSoS 2021)
Publikasi Buku Akademis:
- Melihat Industri Televisi Indonesia dalam Perspektif Kritis
- Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi
- Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisisme Komoditas dalam Industri Media
- Analisis Teks: Ragam Metode dan Implementasinya dalam Penelitian Komunikasi
- Sensasionalitas di Tengah Pandemi Covid-19: Logika Waktu Pendek Content Creator Sosial Media. Book Chapter: PUSARAN KOMUNIKASI DI TENGAH BADAI COVID-19
Konsentrasi Keilmuan:
- Political Economy of Media
- Public Relations & CSR
- Communication Theories
- Media Text Studies