[Ditulis oleh Peter Anugrah Putra, FIKOM 2018]

Apple Corporation | Sumber: m.facebook.com/apple/photos

Siapa yang tidak mengenal brand Apple, semua orang pasti mengenal brand teknologi satu ini. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang lanjut usia juga pasti mengenal bahkan menggunakan produk dari Apple. Brand yang didirikan oleh Steve Jobs menjadi salah satu dari 10 perusahaan top dunia dan menjadi salah satu brand paling berharga di dunia. Bahkan saat meluncurkan produk barunya yaitu iPhone 13, penjualannya mencapai 40 juta unit di seluruh dunia. Meskipun persaingan semakin ketat disebabkan kemunculanmunculnya produk-produk yang bentuknya menyerupai iPhone, namun Apple tidak kehilangan pasarnya. Oleh sebab itu, menarik untuk kita bahas strategi yang digunakan oleh Apple.

1) Membuat Kampanye Think Different

Apple sempat membuat kampanye Think Different, di mana apple mengurangi produknya dari 14 produk menjadi 4 produk utama. Pada peluncuran kampanye Think Different, Apple menayangkan video animasi Toy Story di televisi yang berdurasi 60 detik. Meskipun Apple merogoh biaya 90 juta dolar AS, tetapi karena kampanye inilah Apple berani membuat kampanye secara besar-besaran ke seluruh dunia dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.

2) Branding Eksklusif dan Mewah yang Berhasil Dibangun

Meskipun banyak produk ponsel lainnya tetapi Apple berhasil membuat produk dengan desain yang eksklusif, fitur yang keren, dan teknologi yang canggih dan membuat pengguna merasa memiliki pride saat menggunakan produk-produk Apple. Ditambah dengan banyaknya public figure yang menggunakan produk Apple, menambah nilai bagi pengguna.

3) Selalu Melakukan Inovasi di Setiap Produk

Apple tidak kehabisan akal untuk terus berinovasi di produk-produknya. Salah satunya adalah membuat sebuah alat pemutar musik yang akhirnya diberi nama iPod, sampai pada akhirnya membuat aplikasi sendiri yaitu iTunes. Ditambah dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga pengguna merasa lebih yakin untuk menggunakan produk Apple.

4) Pemilihan Logo dan Tagline

Salah satu yang membuat Apple berhasil membangun brand sebesar sekarang adalah pemilihan logo yang simple tapi mudah untuk diingat. Begitu juga dengan slogan Think Different, dengan penggunaan slogan ini mengartikan bahwa produk Apple selalu memiliki keunikan tersendiri dari produk lainnya.

Untuk kita yang sedang membangun sebuah bisnis perlu juga banyak mempelajari strategi yang sudah berhasil diterapkan oleh brand besar yang ada. Meskipun begitu perlu diketahui bahwa setiap usaha memiliki cara yang berbeda untuk memasarkannya. Oleh sebab itu ketahui kelebihan produk, siapa target market, dan terus melakukan trial and error.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu