UNIVERSITAS CIPUTRA KEMBALI MENGAMBIL BAGIAN DALAM GLOBAL ENTREPRENEURSHIP WEEK (GEW) 2022, RESILIENCE AND ADAPTION OF ENTREPRENEURS IN THE NEW NORMAL

UC|FEH|GEW|Suryadi Kusniawan- Kolaborasi antara disrubsi dalam segala bidang dengan pandemi covid-19 telah menjadi pukulan sekaligus tantangan untuk menata tatanan kehidupan saat ini dan kedepan. Sebagai tantangan untuk mengurai, memecah, dan menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan krusial yang terjadi dewasa ini, salah satunya permasalahan ekonomi. Indikator kemiskinan dan pengangguran sudah mengarah pada angka yang menghawatirkan, sehingga hal tersebut juga berdampak pada permasalahan sosial lainnya. Apalagi ketika bayang-bayang resesi global menghantui kita saat ini, setidaknya itu yang diasumsikan beberapa analis ekonomi. SDGS menjadi keharusan untuk segera dirumuskan dan diterapkan untuk menyongsong masa depan ekonomi global yang lebih baik dan berkelanjutan, khususnya masa depan ekonomi Indonesia.

Penutupan begitu banyak bisnis dan hilangnya pekerjaan yang disebabkan oleh COVID-19 telah menjadi peringatan. Satu tahun kemudian, negara-negara bersatu untuk memulai kembali merumuskan ekonomi dunia pascapandemi yang lebih baik, berkelanjutan, dan adil. Sekaligus, merumuskan kembali pendekatan untuk membangun kembali pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Entrepreneurship merupakan jawaban  sekaligus faktor kunci yang bisa digunakan sebagai rumusan bagi tantangan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjubahkan. Dr. Ir. Ciputra menjelaskan dengan apik bagaimana entrepreneurship bisa memberikan dampak besar dalam penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi dan akan sangat menentukan bagaimana masa depan sebuah bangsa, catatan yang bisa kita kutip dari buku Quantum Leap. Dr. Ir. Ciputra telah membuktikan bagaimana entrepreneurship menjadi jawaban atas tantangan tersebut, melalui dedikasi dan kerja keras yang membuahkan Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group yang melibatkan lebih dari 14.000 karyawan. Dalam hal ini, Dr. Ir. Ciputra menjadi sosok yang memiliki legitimasi dalam membangun konsep entrepreneurship melalui pengalaman dan penerapan di lapangan.

Sebagai upaya untuk menjawab dan merumuskan ekonomi dunia pascapandemi, Universitas Ciputra mengambil bagian dalam kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW), bersama komunitas dan institusi global. GEW adalah kampanye bersama untuk merayakan dan memberdayakan para entrepreneur di setiap negara dan komunitas secara global. Setiap November, 10 juta orang ambil bagian dalam puluhan ribu kegiatan, kompetisi, dan acara yang menginspirasi mereka untuk bertindak dan memberi mereka pengetahuan, pengalaman, dan koneksi yang dibutuhkan untuk sukses. GEW menjangkau pusat-pusat startup berteknologi tinggi seperti Silicon Valley, London, dan Shanghai, membayangkan satu ekosistem entrepreneurship yang inklusif, termasuk kota-kota kecil di negara berkembang dan komunitas yang kurang terwakili, baik terpinggirkan secara sistemik, sulit dijangkau secara geografis. 

Tahun 2022 merupakan tahun ke-2 bagi keterlibatan Universitas Ciputra dalam Global Entrepreneurship Week. Pada tahun ini, Universitas Ciputra menggunakan tema besar “Resilience and Adaption of Entrepreneurs in the New Normal”, sebagai upaya Universitas Ciputra menjadi bagian dari komunitas global untuk merumuskan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan. Melalui Global Entrepreneurship Week yang diselenggrakan pada 14-19 November 2022 ini, Universitas Ciputra mendorong perspektif baru bagi para entrepreneurs agar lebih adaptif dan transformatif dalam menghadapi krisis demi tatanan ekonomi yang lebih baik dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial