PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL MENJADI MOMENTUM PENANDATANGANAN KERJASAMA UNIVERSITAS CIPUTRA DENGAN PONDOK PESANTREN TEBUIRENG
Rektor Universutas Ciputra, Ir. Yohannes Sumowiharja, M.Sc (kanan) dan KH Abdul Hakim Mahfudz selaku pengasuh pondok pesantren Tebuireng (kiri), menunjukkan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani masing-masing pihak.

UC|SEH|Suryadi Kusniawan-Peringatan hari santri nasional tahun 2022 menjadi momen istimewa bagi civitas akademika Universitas Ciputra, melalui penandatanganan nota kesepahaman anatara Universitas Ciputra Surabaya dengan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang pada 22 Oktober 2022, di Ponpes Tebuireng. Nota kesepahaman tersebut mengikat dua belah pihak dalam kerjasama dalam durasi 5 tahun, meliputi bidang pendidikan, sosial, ekonomi, lingkungan, budaya, penelitian, pendampingan masyarakat, dan peningkatan sumber daya manusia.

Rektor Universitas Ciputra, Ir. Yohannes Sumowiharja, M.Sc., sangat mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman yang sudah berlangsung, apalagi pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan hari santri nasional, yang tahun ini mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat kemanusiaan“. Beliau berharap dengan nota kesepahaman ini bisa menjadikan santri khususnya di Ponpes Tebuireng bisa lebih berdaya dalam segala bidang, dan Universitas Ciputra akan berkontribusi dalam hal tersebut. Beliau menambahkan, dengan lebih berdayanya santri maka secara otomatis akan menjaga martabat kemanusiaan. Berkaitan dengan menjaga martabat kemanusiaan, Ponpes Tebuireng menjadi sangat berarti jika dikaitkan dengan pemikiran-pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tebuireng menjadi rumah bagi martabat kemanusiaan itu dijaga dan ditinggikan, dan Universitas Ciputra cukup senang bisa menjadi bagian dan berkontribusi terhadap hal tersebut.Sementara itu, KH Abdul Hakim Mahfudz selaku pengasuh pondok pesantren Tebuireng berharap agar penandatanganan nota kesepahaman ini dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama-kerjasama yang lebih konkrit, sehingga santri dan masyarakat sekitar Ponpes Tebuireng dapat merasakan dampak dan manfaat dari nota kesapahaman ini, sekaligus menjadikan santri agar lebih berdaya, sesuai dengan tema peringatan hari santri nasioanal kali ini. Lebih lanjut beliau mengucapkan terima kasih atas kesedian Universitas Ciputra menjadi mitra strategis dalam kerjasama ini.

Selain penandatanganan nota kesepahaman, dilangsungkan pula deklarasi meneguhkan toleransi “Santri Bermanfaat untuk Negri“ yang dilakukan Ponpes Tebuireng, BNPT RI, dan Universitas Ciputra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial