Recent Posts

Lihat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Mata Kuliah Agama.

See More
Nov
20

Perjumpaan Agama-agama

At 9:49 am
By admin
Aug
31

Kuliah Umum Agama: Mengapa Berprasangka?

At 8:51 am
By Franata Aryanto

Untuk mendewasakan tingkatan iman (stages of faith), mahasiswa perlu bukan saja mengenali agama/kepercayaannya tetapi juga meluaskan pemahaman religiositasnya dan implementasi nilai-nilai dengan memahami agama/ kepercayaan yang lain. Mata Kuliah Agama adalah mata kuliah yang memberikan pengenalan, pemahaman mendasar atas agama masing-masing serta apresiasi pada pelbagai agama-agama atau kepercayaan di Indonesia di dalam konteks kehidupan yang majemuk.

Aktivitas

Dalam mata kuliah ini,

  1. Mahasiswa mampu mendiskusikan konsep keberadaan Tuhan secara jujur, terbuka dan rasional serta mampu memahami keberatan-keberatannya (pro dan kontranya).
  1. Mahasiswa secara kelompok (dengan anggota agama berbeda) mampu mempresentasikan dan mendiskusikan  masing-masing pemahaman agamanya dalam konsep a) Tuhan, b) Agama dan Sains, c) Penderitaan, d) Kematian, e) Kekerasan dan Konsep Sesama serta f) Simbol, Ritual & Maknanya. 
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan konsep agamanya dalam bentuk esai secara sistematis dan rasional.
  3. Mampu mengapresiasi agama/kepercayaan yang berbeda melalui media video.
Tujuan

Tujuan dari Mata Kuliah Agama adalah:

Mahasiswa mampu mendeskripsikan iman kepercayaannya serta mengapresiasi agama atau kepercayaan yang berbeda melalui analisis yang sistematis dan empatik dalam konteks kebhinekaan di Indonesia.

Dalam perkuliahan agama-agama, mahasiswa dituntut tetap kritis tetapi juga empatik ketika berjumpa dengan agama-agama yang berbeda, memahami perbedaan dan persamaan masing-masing, serta tetap berdasarkan nilai-nilai universal bersama dalam suasana kebebasan akademis tetapi juga beradab.