[u_post_grid title=”Recent Posts” description=”Lihat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Mata Kuliah Agama.” link_text=”See More” link_url=”http://uc.ac.id/feh/category/agama/” header_background=”#dd9933″ cat=”Agama” count=”3″ show_date=”1″ show_price=”1″ show_venue=”1″ show_cat_name=”0″ show_time=”1″ gallery=”0″]
[vc_empty_space]

Untuk mendewasakan tingkatan iman (stages of faith), mahasiswa perlu bukan saja mengenali agama/kepercayaannya tetapi juga meluaskan pemahaman religiositasnya dan implementasi nilai-nilai dengan memahami agama/ kepercayaan yang lain. Mata Kuliah Agama adalah mata kuliah yang memberikan pengenalan, pemahaman mendasar atas agama masing-masing serta apresiasi pada pelbagai agama-agama atau kepercayaan di Indonesia di dalam konteks kehidupan yang majemuk.

[u_heading]Aktivitas[/u_heading]

Dalam mata kuliah ini,

  1. Mahasiswa mampu mendiskusikan konsep keberadaan Tuhan secara jujur, terbuka dan rasional serta mampu memahami keberatan-keberatannya (pro dan kontranya).
  1. Mahasiswa secara kelompok (dengan anggota agama berbeda) mampu mempresentasikan dan mendiskusikan  masing-masing pemahaman agamanya dalam konsep a) Tuhan, b) Agama dan Sains, c) Penderitaan, d) Kematian, e) Kekerasan dan Konsep Sesama serta f) Simbol, Ritual & Maknanya. 
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan konsep agamanya dalam bentuk esai secara sistematis dan rasional.
  3. Mampu mengapresiasi agama/kepercayaan yang berbeda melalui media video.
[u_heading]Tujuan[/u_heading]

Tujuan dari Mata Kuliah Agama adalah:

Mahasiswa mampu mendeskripsikan iman kepercayaannya serta mengapresiasi agama atau kepercayaan yang berbeda melalui analisis yang sistematis dan empatik dalam konteks kebhinekaan di Indonesia.

Dalam perkuliahan agama-agama, mahasiswa dituntut tetap kritis tetapi juga empatik ketika berjumpa dengan agama-agama yang berbeda, memahami perbedaan dan persamaan masing-masing, serta tetap berdasarkan nilai-nilai universal bersama dalam suasana kebebasan akademis tetapi juga beradab.

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial