Apa itu Cluster Entrepreneurship?

Penjelasan Cluster Entrepreneurship

Cluster ini memfasilitasi mahasiswa semua jurusan yang berminat mengasah kompetensi entrepreneurship-nya dan menerapkannya melalui perencanaan, pendirian, pengelolaan, dan pengembangan ventura dalam berbagai industri yang akan dibagi menjadi beberapa guild.

Semua mahasiswa UC, dari semua jurusan, sudah semester 4, yang mempunyai keberanian untuk mencoba dan mengalami sendiri dinamika dalam mendirikan sebuah ventura bersama tim lintas jurusan dalam “real business environment”, bisa bergabung di cluster ini.

Profil fasilitator di cluster ini terdiri dari entrepreneurs in residence dan dosen UC sesuai kepakaran dalam industri terkait. Bagi mahasiswa dari jurusan selain IBM/BMI kami menyediakan matrikulasi untuk mempersiapkan model bisnis dan prototype yang akan dijadikan project dalam mata kuliah ini.

MK 1 – Entrepreneurship Global Innovation (Semester 4/genap)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa merencanakan inovasi berdasarkan standar global dalam bentuk validated strategic planning dan yang bertujuan pada sustainability, peningkatan market growth dan valuasi ventura melalui proses design thinking. Pada mata kuliah ini ada sistem guild yang membagi kelas dan fasilitator sesuai dengan jenis industri dari bisnis mahasiswa untuk kedalaman analisis dan strategi inovasi.

MK 2 – Entrepreneurship Innovation Implementation (Semester 5/ganjil)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa mengimplementasikan innovation strategic planning dalam bentuk tindakan perbaikan, pengembangan dan  pemenuhan standar global yang bertujuan pada sustainability, peningkatan market growth dan valuasi ventura. Pada mata kuliah ini ada sistem guild yang membagi kelas dan fasilitator sesuai dengan jenis industri dari bisnis mahasiswa untuk kedalaman analisis dan strategi inovasi.

MK 3 – Entrepreneurship Scale-Up (Semester 6/genap)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa melanjutkan implementasi innovation strategic planning dalam bentuk rintisan scale up pada venturanya yang  bertujuan pada sustainability, peningkatan market growth dan valuasi venturanya. Pada mata kuliah ini ada sistem guild yang membagi kelas dan fasilitator sesuai dengan jenis industri dari bisnis mahasiswa untuk kedalaman analisis dan strategi inovasi.

Daftar Guild yang ada di Cluster Entrepreneurship

Fashion

Fashion

Berorientasi pada produk fashion dan bisnis yang termasuk di dalam industri kreatif fashion. Contoh: fashion designer, textile designer, jewelry designer, rumah mode, shoe designer, bag designer dan media fashion (writer dan publisher).

Technology

Technology

Fokus kepada pengelolaan bisnis berbasis teknologi informasi. Contoh: game, aplikasi, sistem informasi, konsultan implementasi, blog, dan semacamnya.

Tourism, Hospitality & Culinary

Tourism, Hospitality & Culinary

Fokus pada pengelolaan bisnis dalam industri produk makanan dan layanan pariwisata. Contoh: jasa tour dan travel, event, akomodasi, hiburan/rekreasi, kreasi makanan atau minuman dll.

Trading

Trading

Berorientasi pada pengelolaan bisnis yang berupa wholesaler, retailer dan manufaktur yang fokus pada kegiatan produksi. Contoh: menjual komoditas, distribusi, pabrik, konveksi dan lain-lain dalam skala lokal maupun global (export dan import).

Family Business

Family Business

Berorientasi pada pengembangan bisnis keluarga mahasiswa yang memiliki jabatan di dalam perusahaan keluarga mereka dalam segala bidang industri.

Personal and Professional Development Service

Personal and Professional Development Service

Berorientasi pada bisnis yang mengarah kepada pengembangan manusia baik itu dari sisi kepribadian maupun profesionalitas. Contoh: bisnis training yang mengarah pada pengembangan soft skill, seperti training motivasi, teamwork, komunikasi, dan sebagainya, dikemas dalam bentuk seminar maupun outbond, permainan pendidikan dll.

Interior Architecture and Engineering

Interior Architecture and Engineering

Berorientasi pada bisnis di bidang arsitektur interior, produk interior dan konstruksi. Contoh: konsultan desain interior, konsultan arsitektur, kontraktor interior, kontraktor arsitektur, workshop mebel, dan aksesoris interior, retail produk interior, dekorator, developer properti dll.

Marketing & Visual Communication

Marketing & Visual Communication

Berorientasi pada jasa yang termasuk dalam industri kreatif. Contoh: graphic designer, branding consultant, copywriter, illustrator, video, film, fotografi, mass media publishing, public relation, marketing management dan lain-lain.

Social Entrepreneurship

Social Entrepreneurship

Berorientasi pada pengelolaan ventura atau organisasi sosial yang menciptakan perubahan sosial dengan melibatkan pemerintah atau organisasi lain (humanity dan environment sustainability). Contoh: venture yang bergerak dalam pendidikan non profit, layanan kesehatan, bedah rumah, perlindungan flora, satwa dan sistem perairan.

UC Ventures

UC Ventures

Menginkubasi dan mengkomersilkan bisnis model start up yang membutuhkan padat modal dan pertumbuhan bisnis cepat serta yang berdampak tinggi

Notes:

Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi Laurensia Maureen Nuradhi (Bu Maureen)