Perjumpaan Agama-agama

Perjumpaan Agama-agama

Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Agama juga selalu  diperlukan  dalam  kehidupan  berbudaya  untuk memberi arah  kesadaran etika  agar hasil  budayanya lebih  bermakna dan ideal.
Pada tanggal 16 November 2019 diadakan Kuliah Umum Agama bertempat di Dian Auditorium Universitas Ciputra. Judul yang diambil pada kuliah umum kali ini adalah “Perjumpaan Agama-agama” dengan mengundang pembicara Bapak Bambang Noorsena dan Bapak Agus Sunyoto. Fokus materi membahas mengenai perjumpaan Kristen-Islam di Timur Tengah dan perjumpaan Islam-Hindu/Budha di Tanah Jawa.
Perjumpaan yang terjadi tidak lepas dari perbedaan dan kendala, mulai dari kendala budaya, ajaran dan politik. Belajar dari hubungan Kristen dan Islam di Timur Tengah, dimana memiliki 2 pola budaya yang berbeda satu sama lain. Kristen dengan budaya baratnya dan Islam dengan budaya Timur Tengah, memberikan gambaran bagaimana dua agama yang berbeda bisa saling berdampingan. Bahkan bahasa yang digunakanpun sama meskipun ajaran agama berbeda.
Hal yang terjadi di Timur Tengah juga tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Saat ajaran Islam pertama kali muncul banyak masyarakat (Hindu/Budha) yang tidak menerima, karena menganggap cara beribadah dan ajaran yang berbeda. Seiring berjalannya waktu dengan penjelasan yang dilakukan oleh Para Wali, akhirnya masyarakat dapat menerima dan dapat hidup berdampingan.
Pada masa sekarang pembahasan mengenai agama sangatlah sensitif. Keberagaman menjadi materi untuk saling menjatuhkan satu sama lain dengan menganggap diri paling benar, bahkan di Indonesia dan negara lainnya sudah terjadi politisasi agama. Sekelompok orang intoleransi memberikan dampak buruk yang mengakibatkan kesatuan yang ada menjadi lemah. Dengan adanya kuliah umum agama kali ini, mahasiswa diajak untuk semakin berfikir terbuka terhadap toleransi agama dan dapat menyebarkan dampak positif terhadap sekitar.

Gallery:

more photos: @Google Photos