Kuliah Umum oleh Arina Baroroh dari Du’Anyam

Kuliah Umum oleh Arina Baroroh dari Du’Anyam

MK Social Innovation merupakan MK wajib Fakultas Kedokteran (FK) UC dan MK pilihan untuk mahasiswa jurusan lain. Sebelumnya MK ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa semester 4. Kemudian sehubungan dengan visi FK UC yang menjadikan social innovation sebagai bagian dari visi besar fakultas maka khusus untuk mahasiswa FK, maka mulai tahun 2018, MK dimulai sejak semester 2 sehingga saat ini ada dua angkatan berbeda yang menjalani perkuliahan Social Innovation.

Tahapan yang sedang dialami oleh mahasiswa peserta mata kuliah ini masih berada pada tahap emphatizing/discovery dan defining sehingga penting untuk memberikan inspirasi sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa mengenai pengalaman tahap-tahap awal pendirian usaha sosial. Oleh karena itu, hal-hal dibawah ini perlu untuk disampaikan:

  1. Profile Du’anyam dan pembawa materi. Materi dibawakan oleh Arina N. Baroroh sebagai Project Manager dari Du’anyam.
  2. Hal-hal yang melatarbelakangi pendirian Du’anyam (personal experience para pendiri, perjalanan menemukan personal experience tersebut, tip untuk menemukan purpose mendirikan usaha sosial)
  3. Fakta-fakta/informasi/pengalaman yang penting untuk diketahui dan dialami. Tip dan trik untuk menggali fakta/informasi dan selalu positif (player mindset) ketika menemukan segala pengalaman yang didapatkan (positif atau negatif).

Kesan dan Pesan dari beberapa mahasiswa:

 

Setelah mengikuti kuliah umum Rabu kemarin, saya merasa jalan sukses seseorang tidak selalu dari apa yang sedang ia tekuni sekarang, melainkan seberapa berani nya kita untuk “do something” yang berbeda dan keluar dari zona nyaman kita. Sosok pembicara sangat menginspirasi dan sangat hebat menurut saya. pembicara memiliki berkepribadian sosial yang sangat tinggi. dan setelah perkulihan kemarin, saya memiliki keinginan untuk ikut membantu sesama, saya ingin membantu teman-teman yang ada di Indonesia bagian timur, dan saya ingin bergabung bersama Indonesia Mengajar. Karena menurut saya, membantu sesama adalah cermin dari kepribadian yang luar biasa.

Hanifah Bafadal | FK UC 2016

 

 

Dari kuliah umum kemarin saya mendapat banyak hal, terutama tentang semangat, optimis, dan perencanaan yang matang. Dimana semangat adalah dalam menjalani sociopreneur maka dibutuhkan semangat dan waktu yang nggak setengah-setengah. Kemudian apabila kita menjalani setiap kegiatan dengan rela hati, suka cita, dan sungguh-sungguh maka semuanya akan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, optimis juga dibutuhkan dalam menjalankan sociopreneur, karena jika tidak kita dapat kehilangan semangat dan bisnis itu bisa macet ditengah jalan. Tidak hanya itu, prerencanaan yang matang pun menjadi salah satu faktor bisnis/kegiatan apapun dapat berjalan dengan baik. Hal  itu meliputi otonomi, tujuan, dan komitmen

Fasyicha Ilmiyah | FK UC 2016

 

 

Saya merasa sangat terinspirasi dari kuliah umum yang saya ikuti kemarin. Saya merasa the-best-kuliah-umum-ever karena tidak membosankan seperti kuliah umum lainnya. Bukan hanya merasa terinspirasi, saya juga merasa terpacu agar bisa seperti Du’Anyam kedepannya.

Saskia Ayudhia | BMI UC 2016

 

 

 

 

More Photos @Google Photos