Fakultas Kedokteran Sebagai Awal Menjadi Dokter

Apakah anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter? Jika anda memang memiliki keinginan untuk menjadi seorang dokter, anda haruslah mengikuti rangkaian proses dan alur untuk menjadi seorang dokter. Salah satunya adalah dengan masuk ke fakultas kedokteran. Dengan masuk ke fakultas kedokteran, anda tentu akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai dunia kedokteran.

Kuliah Kedokteran

Untuk menjadi seorang dokter, anda harus melalui berbagai macam tahapan yang tidaklah mudah. Tahap demi tahap harus anda lalui dan selesaikan agar dapat mencapai impian anda menjadi seorang dokter. Tahapan awal adalah anda harus masuk ke kuliah kedokteran dan masuk ke fakultas kedokteran. Langkah awal anda adalah mengenal dunia kedokteran dan ilmu kedokteran.

Apa sih ilmu kedokteran? Bagi anda yang hendak menjadi dokter dan memulai perkuliahan di dunia kedokteran, anda haruslah paham betul dengan istilah atau arti dari ilmu kedokteran. Ilmu kedokteran adalah suatu ilmu yang pada umumnya memiliki berbagai macam ilmu terkait cabang spesialis.

Berbagai macam cabang spesialis ini mulai dari ilmu kesehatan anak, ilmu penyakit pada wanita, ilmu penyakit saraf, dan berbagai macam ilmu lainnya. Selain memahami tentang ilmu yang anda pelajari di fakultas kedokteran, anda juga harus paham betul dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan juga tentang informasi makanan dan minuman yang bergizi.

Umumnya untuk sistem kuliah adalah dengan menggunakan SKS. Namun dalam kuliah ilmu kedokteran, tidaklah menggunakan sistem SKS, melainkan menggunakan sistem blok. Dan di dalam tiap satu bloknya, anda akan mulai belajar tentang satu sistem pada organ secara matang dan menyeluruh, mencangkup fungsi organ, penyakit organ tersebut, obat, cara pemeriksaan, dan juga interpretasi dari hasil laboratorium.

Biaya Kuliah Kedokteran

Sudah bukan menjadi hal yang rahasia lagi jika banyak orang yang ingin memiliki profesi sebagai seorang dokter. Namun siapa sangka, untuk menjadi seorang dokter, tidaklah mudah. Ada banyak sekali tahapan yang harus dipenuhi dan juga diselesaikan. Selain itu, untuk biaya kuliah kedokteran juga membutuhkan kucuran dana yang tidaklah sedikit.

Kuliah kedokteran memang berbeda dengan kuliah jurusan lain selain kedokteran. Biaya untuk kuliah kedokteran juga tentunya tidak sama antara satu universitas dengan universitas lainnya. Selain itu, dalam kuliah kedokteran juga ada penjurusan spesialis kedokteran seperti spesialis organ dalam, spesialis gigi dan mulut, spesialis kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

Melakukan perkuliahan di fakultas kedokteran memerlukan konsentrasi yang tinggi dan biaya yang lumayan. Untuk masuk ke kuliah kedokteran, ada jalur yang dapat mengantarkan anda masuk ke jurusan kedokteran, jalur tersebut adalah SNMPTN / SBMPTN dan juga terdiri dari 4 UKT.

Nah, jadi bagi anda yang hendak masuk ke perkuliahan kedokteran, anda harus mempersiapkan banyak persiapan seperti niat, biaya dan juga semangat yang tinggi. Dengan mengikuti kuliah kedokteran, dapatkan berbagai macam ilmu yang bermanfaat. Universitas Ciputra membuka Fakultas Kedokteran agar anda yang ingin bercita-cita menjadi seorang dokter yang handal.

Artikel lain