EQUATION FEST! Semi-Magang Corporate Entrepreneurship Guild

EQUATION FEST! Semi-Magang Corporate Entrepreneurship Guild

Menginjak semester 5 tidak membuat mahasiswa-mahasiswi Universitas Ciputra berhenti berkarya. Dalam ajang semi-magang mahasiswa Corporate Entrepreneurship Guild – Universitas Ciputra, mahasiswa-mahasiswi semester 5 ini mengadakan serangkaian acara yang bertemakan ‘EQUATION’. Acara tersebut digelar selama tiga hari mulai dari 15 September hingga 17 September 2017 lalu. Kegiatan semi-magang ini menjadi sarana untuk memupuk dan mempersiapkan karakter intrapreneur kepada setiap mahasiswa Corporate Entrepreneur Guild, di mana mereka diajarkan untuk tetap memiliki mindset entrepreneur.

Bekerja sama dengan perusahaan Ciputra Waterpark dan Ciputra World, memberikan peluang kepada mahasiswa-mahasiswi Corporate Entrepreneurship Guild untuk terjun langsung ke lapangan. Hal tersebut menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan bagi mereka, karena mereka belajar bagaimana memecahkan permasalahan yang terjadi di lapangan dan bagaimana mencari solusi dari permasalahan tersebut. Tidak stagnan pada pamahaman teori saja, namun mereka belajar untuk terus produktif dan menggali banyak informasi terkait permasalahan yang benar-benar terjadi di lapangan.

Seluruh rangkaian dari kegiatan di dalam acara ‘EQUATION’ disusun dengan menggabungkan penggunaan otak kiri dan otak kanan. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam ‘EQUATION’ meliputi bazaar, workshop dan rally games, yang juga disertai dengan berbagai performaces dan acara lomba makan hingga tutorial make up.

Kegiatan bazaar ‘EQUATION’ diselenggarakan di Ciputra World Mall Surabaya, bazaar tersebut diisi oleh 24 tenant kategori food and beverage, goods dan fashion. Untuk workshop, diisi oleh Copic Marker mengenai teknik memberikan efek gelap/terang, shading, serta teknik pewarnaan. Sedangkan rally games yang merupakan acara utama ‘EQUATION’ dilaksanakan di Ciputra Waterpark Surabaya untuk babak penyisihannya yang diikuti oleh 40 tim dari berbagai SMA yang ada di Surabaya dan di Ciputra World untuk babak semi final 16 besar dan sekaligus untuk babak final. Rally games yang diadakan mahasiswa-mahasiswi Corporate Entrepreneur Guild ini berbeda dengan rally games pada umumnya, karena dalam perlombaan ini memberikan konsep pembekalan kompetisi bisnis, sehingga peserta memiliki mindset Entrepreneurial yang sesuai dengan visi yang dimiliki oleh Universitas Ciputra. ‘EQUATION’ juga membekali peserta dengan berbagai pengetahuan yang diperlukan yaitu tentang “Business, Planning, Strategy & Execution”.

Salah satu acara yang banyak menarik perhatian adalah ‘Lomba Makan Cepat’, mereka diharuskan untuk memakan mie pangsit secara cepat menandingi para peserta lainnya untuk dapat memenangkan lomba. Pemenang dari lomba ini membawa pulang hadiah sebesar jumlah total uang pendaftar. Bahkan, salah satu dosen mata kuliah Corporate Entrepreneurship, pak Denny Bernardus juga turut serta dalam mengikuti lomba tersebut.

Kesuksesan sebuah kegiatan tidak hanya berdasarkan upaya dari satu orang saja. Berjalannya kegiatan ‘EQUATION’ selama tiga hari tersebut menjadi satu challenge tersendiri bagi seluruh panitia yang terlibat, karena mereka diharuskan me-manage waktu antara semi-magang dengan mata kuliah lainnya dan juga beberapa organisasi yang mereka jalani, “Saya sepenuhnya percaya kepada mahasiswa-mahasiswi Corporate Entrepreneur karena mereka adalah orang-orang penting dalam jurusan mereka masing-masing,” ungkap Carolina Novi Mustikarini, salah satu dosen mata Corporate Entrepreneurship Guild.

Banyak pembelajaran yang dapat dipetik mulai dari perencanaan, persiapan dan juga pelaksaan kegiatan ‘EQUATION’ tersebut. “Pengalaman saya selama mengikuti Corporate Entrepreneurship sangat berkesan, saya dapat belajar banyak hal, seperti harus memiliki pola pikir konstruktif, sikap positif dan pola tindak produktif. Saya juga belajar bagaimana menyatukan pribadi-pribadi yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda untuk dapat bekerja bersama menjadi tim yang solid, sehingga dapat menyukseskan penyelenggaraan event ‘EQUATION’ dengan baik,” papar Geraldo Ricky selaku Ketua Acara ‘EQUATION’. Tidak berhenti hanya karena kegiatan ‘EQUATION’ berakhir, namun mereka akan menerapkan semua pembelajaran yang didapat dari acara tersebut pada kegiatan yang akan mereka rancang selanjutnya. (STC)