Dress Up 101 as Entrepreneur

Dress Up 101 as Entrepreneur

Kali ini International Business Management (IBM) Universitas Ciputra Surabaya mendapatkan kehormatan dengan kehadiran dua orang gadis muda yang berbakat di bidang fashion. Mereka adalah Ruthie dan Susan Boen, founder dari Dare Fashion & Image Consulting. Pada kesempatan kali ini, Ruthie dan Susan Boen akan membagikan pengalaman dan ilmu mereka dalam bidang fashion kepada para mahasiswa Universitas Ciputra melalui seminar yang bertemakan “Dress Up 101 As Entrepreneur”.

Hal-hal yang disampaikan dalam isi seminar diantaranya adalah mengenai cara berpakaian formal namun tetap terlihat chic dan fashionable bagi para entrepreneur. Untuk mendapatkan hal tersebut, tentu tidak hanya nilai cantik yang ditekankan, namun juga kerapian, kesopanan, dan kebaikan dari busana itu sendiri. Tujuan dari pengetahuan tentang cara berpakaian formal namun terlihat tetap menarik adalah agar para young entrepreneur dapat memilih busana fashion yang baik dan sesuai dalam setiap kegiatan entrepreneurial yang mereka jalani.

IMG_9092 Model baju dinas atau formal itu sendiri macam-macam jenisnya, ada yang berupa seragam maupun dengan model jas atau blazer. Baju dinas termasuk ke dalam baju resmi atau baju formal. Tentu dalam pekerjaan sehari-hari Anda selalu dihadapkan dengan situasi yang tidak terduga, misalnya meeting dengan klien, menghadiri suatu event resmi, menghadiri undangan, pertemuan, dan lain sebagainya. Untuk itulah sebagai seorang entrepreneur pun perlu untuk memperhatikan serta menjaga penampilannya dengan baik.

Model baju resmi wanita atau yang sering dipakai oleh business woman biasanya lebih mudah dan fleksibel. Untuk bagian atasan, cukup dengan memadu-padankan blazer, dengan baju kemeja maupun blus atau dapat pula menggunakan batik dan dress. Namun apabila menggunakan blazer, biasanya blazer tersebut dapat dipadukan dengan baju kemeja atau dress agar dapat terlihat dan terkesan lebih santai namun tetap rapi. Jika menggunakan blus dan kemeja, maka dapat dipadu-padankan dengan bawahan berupa rok atau celana panjang dengan menggunakan sepatu berhak tinggi (highheels).

Demikian pula untuk pakaian formal pria, bagi pria model baju resmi atau formal yang dapat digunakan lebih simple dan fleksibel. Pakaian yang dapat dikenakan diantaranya adalah kemeja polos yang dipadankan dengan celana panjang, atau baju kemeja batik dengan celana panjang berwarna gelap atau khaki. Aksesoris yang perlu diperhatikan juga adalah menambahkan ikat pinggang berwarna gelap. Tidak menutup kemungkinan pula bagi seorang laki-laki untuk menggunakan jas dan dasi agar terlihat lebih rapi serta dikombinasikan dengan sepatu formal berwarna gelap. Hal ini biasanya diperlukan ketika akan bertemu dengan rekan kerja suatu perusahaan tertentu untuk menjalankan bisnis, menjalin kerjasama, melakukan meeting, menghadiri undangan bisnis, dan lain sebagainya.

IMG_8876Ilmu berbusana juga perlu diketahui dan diperhatikan bagi para entrepreneur. Karena melalui busana, orang lain akan melihat dan memberikan first impression bagi Anda. Untuk memberikan kesan yang baik, maka terlebih dahulu penampilan harus lebih baik dan dapat menarik perhatian. Dengan penampilan yang baik, wibawa akan semakin terpancar dan integritas yang tinggi akan terlihat mulai dari cara berbusana sampai pembawaan diri. Pastikan Anda berbusana sesuai dengan karakter masing-masing individu, sopan, dan rapi. Tidak perlu memaksakan untuk mengenakan busana yang tidak cocok dengan keprobadian maupun fisik Anda. Misalnya dengan cara tidak mengenakan busana yang terlalu ketat atau bahkan kekecilan. Sesuaikan pula kombinasi warna busana Anda agar terlihat matching antara setelan baju dan sepatu yang digunakan.