Wajib Tahu, Ini Dia Pengertian, Jenis dan Contoh Kegiatan Distribusi

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat terlepas dari kegiatan ekonomi, contohnya saja saat kita membeli sayuran, pernahkan Anda berpikir bahwa yang pedagang sayur lakukan itu termasuk dalam kegiatan ekonomi yang dikenal dengan proses distribusi. Lantas, sebenarnya apa itu proses distribusi, jenis-jenis distribusi serta contoh kegiatan distribusi, yuk simak ulasan berikut.

Apa itu Distribusi ?

Distribusi merupakan sebuah aktivitas ekonomi yang bertujuan untuk melakukan penyaluran atau pengiriman hasil produksi berupa barang atau jasa kepada konsumen, secara tidak langsung proses distribusi juga berarti sebuah aktivitas ekonomi yang menghubungkan produsen dengan konsumen. Adapun beberapa tujuan dari proses distribusi adalah untuk memudahkan proses pemasaran dan penjualan barang atau jasa dari produsen, membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhannya, serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jenis – Jenis Distribusi

Dalam proses distribusi terdapat dua macam jenis saluran distribusi yakni saluran langsung dan tidak langsung, berikut penjelasannya.

  1. Saluran Langsung

Saluran distribusi langsung yakni proses penyaluran yang dilakukan secara langsung oleh produsen kepada konsumen tanpa adanya perantara, contoh kegiatan distribusi langsung adalah petani yang secara langsung menjual hasil panennya kepada konsumen.

  1. Saluran Tidak Langsung

Saluran distribusi tidak langsung yakni proses penyaluran hasil produksi yang dilakukan melalui perantara (distributor), biasanya jenis distribusi ini dilakukan melalui banyak distributor agar hasil produksi sampai ke tangan konsumen. Adapun contoh kegiatan distribusi tidak langsung yakni pabrik sepatu yang menyalurkan produknya ke beberapa pedagang besar kemudian pedagang besar tersebut menjualnya kembali ke beberapa agen dan barulah agen menjualnya ke konsumen.

Contoh Kegiatan Distribusi dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk lebih memperjelas lagi mengenai proses distribusi, simaklah beberapa contoh contoh kegiatan distribusi berikut ini.

  1. Contoh aktivitas distribusi yang pertama yakni, ketika Anda membeli bawang dari pedagang bawang di pasar yang mana pedagang tersebut mendapatkan bawang jualannya dari petani bawang. Tahukah Anda proses tersebut merupakan salah satu kegiatan distribusi barang secara tidak langsung karena pedagang bawang menjadi distributor yang menyalurkan hasil produksi bawang dari petani bawang kepada konsumen.
  2. Contoh aktivitas distribusi yang berikutnya yakni ketika Anda membeli telur ayam dari seorang peternak ayam, nah proses ini termasuk dalam contoh kegiatan distribusi barang secara langsung loh karena distribusi ini dilakukan tanpa adanya perantara atau dengan kata lain hasil produksi telur ayam disalurkan oleh peternak ayam secara langsung kepada konsumen.
  3. Pernahkah Anda melakukan transaksi pembelian tiket kereta secara online ?, nah kegiatan tersebut ternyata termasuk dalam proses distribusi jasa loh, dalam proses ini pihak penjualan tiket mendistribusikan layanan nya melalui aplikasi digital yang Anda akses, contoh kegiatan distribusi jasa yang lain yakni ketika Anda menggunakan jasa ojek online untuk pergi ke suatu tempat.
  4. Contoh yang selanjutnya adalah ketika Anda menonton film di bioskop ataupun melalui aplikasi streaming, proses ini juga termasuk dalam contoh kegiatan distribusi jasa, yang mana pihak distributor film membeli hak penayangan dari Production House film tersebut untuk kemudian ditayangkan kepada konsumennya.
  5. Anda pasti pernah membeli barang melalui e-commerce belanja online bukan?, kegiatan belanja online tersebut juga termasuk contoh kegiatan distribusi, disini pedagang menggunakan e-commerce sebagai alat untuk memasarkan dan mempromosikan produknya kepada konsumen, jika barang yang dijual merupakan hasil produksinya sendiri maka dapat dikatakan bahwa kegiatan ini termasuk distribusi langsung, namun jika pedagang tersebut hanya berperan sebagai reseller saja maka kegiatan ini tergolong distribusi secara tidak langsung.

Nah, itu dia ulasan mengenai proses distribusi, jenis-jenis distribusi serta contoh kegiatan distribusi, bagaimana Anda sudah paham kan sekarang? semoga artikel ini dapat bermanfaat ya untuk Anda, terimakasih.

Artikel lain