Tips Belajar di Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan yang membutuhkan usaha ekstra sejak proses masuk ke jurusan tersebut hingga nantinya lulus sebagai sarjana kedokteran dan menyelesaikan pendidikan profesi. Karena alasan itulah ada tips belajar di jurusan kedokteran yang bisa diterapkan sejak persiapan mengikuti ujian masuk hingga bisa menyelesaikan pendidikan sebagai dokter.

Tips Belajar Sebelum Ujian Masuk Jurusan Kedokteran

Kemampuan akademik yang baik menjadi salah satu hal utama bagi calon mahasiswa agar bisa diterima kuliah jurusan kedokteran. Dibutuhkan strategi belajar yang sistematis dan efisien guna memaksimalkan peluang agar bisa diterima di jurusan tersebut.

Setidaknya dibutuhkan kemampuan akademik yang baik di mata pelajaran matematika dan IPA agar bisa diterima dan menjalani kuliah dengan baik di jurusan kedokteran. Mengikuti bimbingan belajar sebagai persiapan ujian masuk sangat dianjurkan. Demikian pula dengan mengikuti uji coba tes atau try out dengan memilih jurusan kedokteran untuk memperhitungkan nilai, passing grade dan persaingan yang harus dihadapi.

Tips Belajar di Masa Kuliah Jurusan Kedokteran

Salah satu tips penting dalam belajar di jurusan kedokteran adalah memperkuat kemampuan di bidang biologi, kemampuan analitis dan logika serta memperkaya diri dengan pengetahuan umum di bidang kesehatan. Perpaduan kemampuan tersebut akan berkaitan pada kemampuan melakukan analisis saat berhadapan dengan kasus atau pasien yang seringkali tidak 100% tepat seperti teori – teori.

Satu lain yang wajib diperhatikan oleh mahasiswa kedokteran adalah melatih daya ingat dan kemampuan analitis sebaik – baiknya. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah memaksimalkan kesempatan belajar ketika melakukan praktikum karena berkaitan dengan keterampilan – keterampilan dasar untuk menjadi dokter.

Ilmu kedokteran merupakan ilmu yang dinamis mengingat ada banyak aspek yang mempengaruhi tren serta masalah kesehatan yang terjadi di dunia. Munculnya penyakit baru serta temuan baru untuk menyembuhkan penyakit – penyakit tertentu hingga perkembangan dunia farmasi merupakan bagian dari dinamika jurusan kedokteran.

Pengetahuan terkini selalu menjadi hal penting di dunia kesehatan atau kedokteran karena dinamika ini akan segera berpengaruh pada materi ajar atau praktikum yang akan dihadapi oleh para mahasiswa kedokteran.

Mahasiswa kedokteran juga tidak perlu berkecil hati ketika harus mengulang mata kuliah tertentu atau mengikuti remidi praktikum selama dikerjakan dengan jujur. Hal ini berkaitan dengan tanggung jawab ketika nantinya bekerja sebagai dokter dan harus bertanggung jawab terhadap kesehatan ataupun nyawa pasien.

Tips Belajar di Masa Pendidikan Profesi Dokter

Ketika sudah menyelesaikan pendidikan jurusan kedokteran menjadi sarjana kedokteran dan mengikuti pendidikan profesi dokter maka seorang dokter muda tetap wajib terus mengikuti perkembangan di dunia kesehatan. Bisa dikatakan bahwa seorang mahasiswa kedokteran akan menjadi long-life learner atau pembelajar sepanjang hayat, bahkan setelah menjadi dokter pun harus selalu belajar terkait temuan – temuan baru serta perkembangan terkini di dunia kesehatan.

Hal lain yang harus dilakukan ketika menjalani pendidikan profesi adalah disiplin dalam menjalankan setiap tugas dan memperhatikan detail setiap kasus ataupun arahan dari dokter pembimbing yang melakukan supervisi. Jangan segan untuk bertanya jika menghadapi situasi yang tidak diketahui dasar teorinya karena bisa beresiko pada keselamatan atau kesehatan pasien.

Kemampuan analitis dan ketelitian serta penguasaan teori akan banyak diuji selama menjalani pendidikan profesi. Begitu pula aspek psikologis terkait ketenangan dan kemampuan membuat keputusan dengan waktu yang singkat wajib selalu diasah.

Itulah beberapa tips belajar di jurusan kedokteran sejak mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk, menjalani kuliah pendidikan kedokteran dan melaksanakan pendidikan profesi untuk menjadi seorang dokter.

Artikel lain