Tempat Wisata Kembali Dibuka, Begini Tips Liburan Saat Pandemi Agar Tetap Aman

Di rumah saja selama masa pandemi terasa membosankan bagi sebagian orang, terutama buat yang hobi traveling. Untungnya, saat ini sudah banyak tempat wisata yang dibuka untuk umum menyusul dilonggarkannya PPKM.

Namun, liburan saat pandemi tetap harus memprioritaskan keamanan dan kenyamanan. Nah, berikut ini tips dan trik dalam mempersiapkan liburan di masa pandemi agar terhindar dari penularan Covid-19.

Tips Merencanakan Liburan Aman Selama Pandemi 

Selama masa pandemi, liburan di dalam negeri bisa jadi pilihan alternatif untuk menghilangkan penat. Melakukan perjalanan domestik dinilai lebih aman daripada perjalanan ke luar negeri. Agar liburan makin nyaman, lakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Hindari Kawasan Zona Merah

Tips liburan saat pandemi yang pertama adalah hindari kawasan zona merah. Beberapa daerah di Indonesia masih memiliki kasus harian Covid dengan angka yang lumayan tinggi. Daripada menanggung risiko, sebaiknya pilihlah tujuan wisata yang tidak berada di zona merah.

Selain itu, pilihlah tempat wisata yang disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Cara paling mudah untuk memantau penerapan protokol kesehatan di tempat wisata adalah melalui website atau sosial media.

  1. Bawa Safety Kit

Saat merencanakan liburan, jangan lupa membawa safety kit, seperti hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, masker, vitamin, peralatan ibadah, dan peralatan makan. Pastikan juga membawa stok safety kit untuk berjaga-jaga. Dengan begitu, perjalanan akan lebih aman dan nyaman.

  1. Pilih Aktivitas Outdoor

Aktivitas outdoor bisa jadi pilihan alternatif untuk liburan saat pandemi karena minim resiko penularan. Hal ini dikarenakan udara segar yang terus berganti meminimalkan kemungkinan penularan dari droplet saat batuk, bersin, maupun berbicara. Disamping itu, hindari kerumunan dan antrean untuk meminimalkan penularan.

  1. Pilih Penginapan yang Bersertifikasi dan Menerapkan Prokes

Jika liburan lebih dari satu hari, maka pilihlah penginapan atau hotel tersertifikasi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apabila ingin menikmati fasilitas umum yang tersedia di hotel, seperti kolam renang atau bar, maka gunakan saat tidak padat pengunjung.

Untuk urusan penginapan, Anda bisa melakukan pemesanan secara online agar tidak kehabisan kamar. Biasanya, reservasi lewat aplikasi online juga memberikan banyak keuntungan, mulai dari bebas pilih kamar hingga promo-promo menarik yang membuat harganya lebih murah.

  1. Gunakan Kendaraan Pribadi

Tips dan trik liburan aman saat pandemi yang berikutnya adalah menggunakan kendaraan pribadi. Bepergian dengan kendaraan pribadi lebih aman daripada menggunakan kendaraan umum, karena minim kontak dengan orang asing.

Selain itu, Anda bisa menyewa mobil untuk liburan bersama keluarga dan teman. Jika terpaksa menggunakan kendaraan umum, seperti kereta maupun pesawat, maka terapkan protokol kesehatan secara ketat dan penuhi semua persyaratan untuk perjalanan.

  1. Booking Jauh-jauh Hari

Liburan selama pandemi memang punya tantangan tersendiri. Selain harus menentukan tempat tujuan yang aman, perencanaan juga harus dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menghindari kerumunan. Oleh karenanya, manfaatkan sistem online untuk melakukan pemesanan sebelum berangkat, baik pemesanan tiket tempat wisata maupun penginapan.

  1. Staycation Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Alternatif lain untuk liburan aman selama pandemi adalah staycation di hotel berbintang atau villa. Selain lebih praktis, staycation juga lebih ramah di kantong. Agar tetap aman dan nyaman selama liburan, pilihlah hotel atau villa yang menerapkan protokol kesehatan dan punya fasilitas lengkap.

Itu tadi tips liburan saat pandemi agar tetap aman dan nyaman.

Artikel lain