blank

Taman Cantik di Rumah Gaya Belanda. Harian Di’s Way. 18 Januari 2021. Hal.20

Rumah Denny Bernadus di kluster Selat Golf, Citraland disulap bergaya Belanda. Cape Dutch Style. Itu sebenarnya merupakan arsitektur tradisional Afrika Selatan. Bangunan model ini sudah dikenal sejak abad 17. Khususnya di Cape Town, Afrika Selatan. Afsel merupakan salah satu negara bekas jajahan Belanda.

Geloof Hoop Liefde. Tulisan itu dipajang di atas rumahnya. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya Iman, Harapan, dan Kasih. Denny berharap rumahnya itu bisa menjadi kasih bagi keluarganya. Serta harapan-harapannya bisa tercapai tanpa menggoyahkan iman.

Di sebelah rumahnya terdapat sebuah taman. Tamannya tertata rapi. Lengkap dengan gazebo di ujung tamannya. Tamannya berhias berbagai ornamen patung. Seperti patung malaikat kecil yang membawa terompet. Berjejer rapi di sana.

Pada ujung selatan taman terdapat anggrek. Bunga itu sengaja ditanam oleh Denny karena terinspirasi mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. “Bu Risma mengajarkan untuk menanam tanaman yang kuat. Seperti di pinggir jalan. Nah dari situ saya tiru,” kata alumnus ITS itu.

Di bawah pohon tempat menempelnya anggrek terdapat sebuah kursi panjang. Lengkap dengan meja kecil di depannya. Sedangkan 5 meter dari tempat itu terdapat sebuah aula. Biasanya digunakan sebagai tempat berkegiatan anak-anaknya.

Selain itu Denny juga menanam dua pisang kipas. Tujuannya agar semakin menguatkan suasana tempo dulu. Ia juga membangun sebuah kolam. Suara gemercik menambah nyaman berlama-lama di taman itu. Saat malam hari, gemerlap lampu mini menghiasi taman tersebut.

Denny sering menjadikan tamannya untuk berkumpul dengan kawan-kawannya. Segala aktivitas bisa dilakukan di taman itu. Biasanya teman-teman komunitasnya sering berkumpul di taman itu. Ia merupakan anggota beberapa komunitas. Salah satunya komunitas mobil antik. “Tapi teman-teman komunitas mobil antik belum pernah kumpul-kumpul,” ujarnya. (Andre Bakhtiar)

Sumber: Harian Di’s Way. 18 Januari 2021. Hal.20

Menu