Sektor Bisnis di Indonesia yang Menjanjikan

Melihat kondisi dari ekonomi Indonesia yang terus-menerus berkembang, apalagi banyaknya reformasi pada sisi birokrasi serta peraturan mengenai investasi, maka investor asing banyak yang mulai untuk melirik berbisnis di Indonesia. Perusahaan itu menjadikan Indonesia tempat berinvestasi dikarenakan potensi yang besar, mulai dari bahan baku mentah yang melimpah, tenaga kerja yang banyak, daratan luas, dan lain sebagainya.

Berikut ada beberapa sektor bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia yang dinilai mampu datangkan investor asing yang banyak.

  • Hotel serta Industri Pariwisata

Pemandangan yang eksotis dari Indonesia yang merupakan negara kepulauan serta keindahan dari budaya-budaya yang sudah hipnotis banyak pengunjung serta para petualang dari seluruh dunia tiap tahunnya. Oleh sebab itu, cukup banyak hotel dengan taraf internasional berusaha untuk dapatkan tempat di negara Indonesia, apalagi di berbagai kota besar seperti di Denpasar, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan yang lainnya.

Karena banyaknya wisatawan asing datang ke Indonesia lewat Bali, Jakarta, hingga Batam Riau, ketiga kota ini jadi target yang utama untuk pengadaan hotel serta industri pariwisata. Selain itu, angka turis asing terus bertambah tiap tahunnya dikarenakan dalam beberapa waktu terakhir ada peraturan tentang kebebasan visa yang pemerintah terapkan di wisatawan asing dari 169 negara. Bahkan, wisatawan domestik serta pebisnis pun jadi target pasar industri bidang ini. Jadi, hal ini terlihat sekali secara jelas jika sektor usaha hotel dan industri pariwisata adalah bisnis yang untungkan investasi asing.

Berkaitan dengan sektor pariwisata, pemerintah pun buka peluang yang besar bagi industri film seperti pada regulasi baru yang terangkan jika memungkinkan untuk dapatkan kepemilikan 100 persen di dalam film serta cinema, meskipun tetap ada sejumlah pembatasan.

  • Perdagangan serta Sektor Retail

Indonesia adalah negara yang ada di dalam pasar negara untuk sektor perdagangan dan retail, bersama China, India, Turkey, Uni Emirat Arab, Kazakhtan, dan Malaysia. Apalagi, meningkatnya populasi Indonesia di kelas menengah, serta juga penetrasi luas dan cepat di antara populasi-populasi terbesar pun jadi pertimbangan tambahan bagi para investor asing.

Hal terbaik dari hal ini adalah terdapat tantangan di dalam distribusi, pemerintah lebih fokus di bidang infrastruktur yang digunakan untuk menjembatani penghubung satu area dengan area yang lain dan dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia sehingga komoditi bisa disalurkan dengan lebih cepat, mudah, dan efektif. Dengan adanya ini, tingkatkan keinginan para investor pada sektor bisnis perdagangan dan retail di Indonesia.

  • Penjualan Online

Tren selanjutnya yang tengah berkembang di Indonesia untuk investasi asing adalah bisnis e-commerce atau penjualan online. Alasan yang utama untuk itu adalah karena Indonesia adalah negara yang populasinya padat, serta mayoritas penduduk yang sudah mempunyai akses untuk memakai internet. Hal ini dapat memungkinkan perusahaan, retailer, dan pedagang untuk capai target pasar atau target market personal.

Lalu, pemerintah pun melakukan dukungan bagi investasi asing yang memungkinkan para investor untuk punya hak penuh pada kepemilikan asing pada kondisi yang tertentu, apalagi tergantung di jumlah modal diinvestasikan. Untuk perusahaan yang jumlah modalnya kurang, masih memungkinkan 49 persen kepemilikan asing, dengan penduduk setempat menjadi mitra.

Dengan populasi besar, Indonesia menjadi pengguna media sosial yang paling tinggi di dunia. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak bisnis startup e-commerce yang bermunculan untuk raup keuntungan di Indonesia.

Itulah sejumlah sektor bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Artikel lain