Tau Lebih Dalam Mengenai Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan suatu alur kegiatan utama setelah proses produksi. Pemasaran bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Maka dari itu, perlu adanya manajemen pemasaran yang tepat dalam rencana kerja perusahaan.

Pemasaran pada perusahaan harus memberikan kepuasan kepada konsumen, supaya terjadi keberlanjutan dalam usaha. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan yang jujur, kualitas baik, dan konsisten.

Pengertian manajemen pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses mulai dari perencanaan, penerapan, dan pemantauan program yang bertujuan untuk menciptakan suatu pertukaran yang saling menguntungkan dengan adanya sasaran dengan tujuan mencapai tujuan dari perusahaan.

Manajemen adalah sistem yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan jika ingin usahanya berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga akan dihasilkan suatu usaha yang berkelanjutan dan memiliki usia yang lama.

Inilah mengapa setiap perusahaan memiliki manajemen pemasaran tersendiri, yang diketuai oleh manajer pemasaran. Ini menandakan bahwa pemasaran merupakan bagian penting terkait dengan keberlangsungan usaha. Adapun kegiatan dalam manajemen pemasaran meliputi perencanaan hingga distribusi produk ke tangan konsumen.

Tujuan adanya manajemen pemasaran dalam perusahaan akan menciptakan permintaan pasar dengan mengetahui kebutuhan konsumen terhadap barang dan jasa. Selain itu, juga menciptakan kepuasan dalam pembelian sehingga menimbulkan keinginan untuk melakukan pembelian secara berkelanjutan.

Citra perusahaan akan meningkat dan keuntungan juga akan semakin bertambah dengan adanya manajemen pemasaran yang baik.

Karakteristik manajemen pemasaran

Beberapa karakteristik dari manajemen pemasaran dapat Anda simak berikut ini.

Orientasi pasar

Tujuan menciptakan produk adalah yang disukai oleh orang lain. Namun, tidak semua orang memiliki selera yang sama. Maka, Anda sebagai pelaku bisnis harus memetakan sasaran jenis mana yang ingin dicapai.

Orientasi pasar bisa diperoleh dengan riset yang benar dan segmentasi pasar yang sesuai. Lakukan riset secara menyeluruh terkait jenis produk yang ingin Anda pasarkan.

Keputusan pemasaran yang diambil harus mempertimbangkan dampak yang mungkin timbul bagi pelanggan. Pasar adalah tujuan inti dalam menciptakan suatu produk.

Adanya rencana pemasaran

Rencana pemasaran bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan didasarkan juga dari kepuasan konsumen. Rencanakan strategi pemasaran perusahaan untuk kemudian dilaksanakan.

Rencana pemasaran harus menyeluruh dan sistematis. Selain itu, pertimbangkan pula kemudahan dalam realisasi, sehingga rencana bukan hanya terdapat dalam kertas saja, namun dapat dilaksanakan.

Mengutamakan kepuasan pelanggan

Manajemen pemasaran dibuat supaya kepuasan pelanggan dapat tercapai. Jadi, baik bagi perusahaan maupun konsumen sama-sama memiliki keuntungan, bukan hanya dari satu sisi saja. Jika hanya satu pihak saja yang terpuaskan, maka pemasaran tidak akan bertahan lama.

Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari loyalitas mereka terhadap produk yang mereka gunakan. Dalam jangka waktu lama, kepuasan pelanggan ini akan dapat disebarkan kepada orang lain. Pelanggan yang puas tidak akan segan dalam memberikan review yang positif bagi produk Anda.

Hal ini akan membuat munculnya konsumen-konsumen baru yang akan membeli produk Anda.

Mencapai keuntungan perusahaan

Selanjutnya, karakteristik manajemen pemasaran memiliki goal untuk mencapai keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan perusahaan yang utama memang adalah mendapatkan laba dan sifatnya materi.

Namun, lebih lanjut dari adanya manajemen pemasaran ini adalah untuk mendapatkan konsumen yang setia dan mendapatkan jaringan yang luas. Brand akan dikenal oleh masyarakat dan memiliki reputasi yang baik.

Manajemen pemasaran berisi sekumpulan rencana yang diaplikasikan dalam pemasaran sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Perencanaan ini bahkan harus dibuat sebelum mulai diproduksinya produk-produk perusahaan, supaya nantinya akan jelas ke mana produk-produk tersebut harus dipasarkan.

Artikel lain