Peluang Prospek Kerja Psikologi dengan Usaha Sendiri

blank

Bagi yang masih duduk di bangku SMA atau SMK dan masih bingung untuk memilih beberapa jurusan. Jangan cemas, kuliah jurusan psikologi banyak diminati oleh beberapa orang. Prospek kerja psikologi juga tidak hanya di kantor saja, bisa juga menjadi bisnis.

Kebanyakan orang pasti memahami arti dari psikologi. Secara luas, psikologi memang membahas mengenai mental, pikiran, dan perilaku manusia. Hebatnya, ilmu ini sering digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah manusia yang mengganggu mentalnya.

Sudah banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan psikologi dengan jurusan yang populer. Lapangan kerja lulusan psikologi juga banyak dibutuhkan oleh beberapa kantor, perusahaan, atau dapat membuka peluang usaha sendiri.

Jangan khawatir beberapa mata kuliah jurusan psikologi ini dapat juga bermanfaat untuk pribadi.

Beberapa Bagian dalam Kuliah Psikologi

Mengambil mata kuliah dengan jurusan psikologi ini akan terbagi menjadi beberapa bagian. Psikologi bukan hanya belajar melalui satu kepribadian saja, tetapi juga dapat mempelajari beberapa kepribadian.

  1. Psikologi Umum dan Eksperimental

Psikologi ini melihat perilaku manusia yang dilakukan dengan penelitian. Penelitian dilakukan dengan pendekatan berupa eksperimen yang tepat.

Metode yang digunakan dalam psikologi bagian ini berupa metodologi yang valid, alat tes, sumber responden, dsb. Bagian psikologi ini menjadi bagian dasar dari penelitian selanjutnya.

  1. Psikologi Klinis

Bagian ini bukan hanya mempelajari pola psikologi secara umum, melainkan mempelajari perilaku manusia khusus dan lebih mendalam. Psikologi klinis akan meneliti beberapa kondisi mental yang paling ringan hingga ekstrim.

Metode yang digunakan dalam psikologi klinis ini biasanya dilakukan dengan pendekatan yang sifatnya pribadi.

  1. Psikologi Perkembangan

Penelitian yang digunakan dalam psikologi perkembangan ini biasanya dimulai dari balita hingga manula. Penelitian ini mempelajari dari sisi proses perkembangan yang dialami manusia tersebut.

Biasanya psikologi bagian ini dilakukan penelitian yang cukup lama.

  1. Psikologi Industri

Dapat dipastikan dari namanya, psikologi industri ini berfokus pada psikologi perusahaan dan organisasi. Bagian ini mempelajari antar interaksi manusia yang lebih kompleks. Bukan hanya antar manusia saja, melainkan juga antar beberapa perusahaan.

  1. Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan akan mempelajari hal-hal yang mempelajari kemampuan mental masing-masing individu. Bagian ini mempelajari psikologi bagian pendidikan pada jenjang TK hingga pendidikan yang tinggi.

  1. Psikologi Sosial

Bagian psikologi sosial ini akan mempelajari tentang interaksi dalam proses mental seorang individu satu dengan yang lain. Dalam hal ini bagian ini akan lebih mempelajari lebih mengenai berbagai aktivitas di suatu kelompok.

Setelah mengenal beberapa bagian yang dapat dipelajari dalam kuliah jurusan psikologi. Maka, sudah ada sedikit gambaran mengenai prospek kerja psikologi. Namun, jika tidak ingin kerja di kantor dapat juga untuk membuka usaha pada bidang psikologi.

Prospek Kerja Psikologi 

Jika ingin membuka usaha sendiri pada bidang psikologi, inilah beberapa profesi yang dapat dicoba setelah kuliah psikologi.

  1. Konseler

Menjadi konseler bukan hanya ada di kantor atau perusahaan-perusahaan, tetapi dapat membangun tempat sendiri.

Konseler bertujuan memberikan bimbingan dengan memberikan solusi atau jalan keluar terhadap permasalahan. Konseler akan bekerja untuk memberikan masukkan atau pendapat tentang hidup, masalah pribadi atau pekerjaan, ds.

  1. Psikiater

Ilmu psikologi ini merupakan prospek kerja bagi dokter yang ahli dalam spesialis gangguan mental atau emosional seseorang. Pengobatan dalam ahli psikiater ini dibantu dengan obat-obatan tertentu.

  1. Terapis anak berkebutuhan khusus

Seorang terapis ini membantu memberikan perhatian pada anak berkebutuhan khusus seperti anak dengan autis. Tujuan dari terapis ini untuk meningkatkan kemandirian dari anak tersebut.

  1. Neuropsykolog

Neuropsikolog ini merupakan ilmu yang lebih memahami tentang hubungan antar otak, fisik, dan perilaku. Seorang neuropsikolog membantu seseorang yang mengalami hilang ingatan, konsentrasi menurun, dsb.

Neuropsikolog ini dapat membantu memahami dan mengelola masalah pada saraf.

  1. Terapis okupasi

Terapis okupasi ini menjalankan perannya untuk membantu dan merawat pasien yang sakit, terluka, dan cacat. Terapis ini membantu untuk mempertahankan bahkan memulihkan keterampilan seseorang.

Pasien biasanya menggunakan peralatan adaptif  sebagai penyangga kaki atau alat bantu lainnya.

Masih banyak prospek kerja psikologi yang didapat setelah mempelajarinya. Dengan memiliki beberapa bagian ilmu psikolog yang berbeda serta cara penerapan yang berbeda pula.

Menu