Panduan Lolos Tes Jurusan Kedokteran

Menjadi dokter merupakan sebuah cita – cita yang mulia karena berkesempatan berbuat kebaikan pada sesama. Ujian utama untuk bisa mencapai cita – cita tersebut tentu saja adalah lolos tes jurusan kedokteran di perguruan tinggi yang diinginkan. Perjuangan untuk lolos tes tentu saja tidak bisa dilakukan secara instan. Berikut ini beberapa persiapan penting yang bisa membantu calon mahasiswa untuk bisa lolos tes masuk jurusan kedokteran.

Persiapan Administrasi

Salah satu hal utama dalam pendaftaran kuliah adalah memenuhi persyaratan administrasi. Bagi calon mahasiswa yang mengincar masuk ke jurusan kedokteran ada baiknya untuk melakukan persiapan administrasi lebih awal agar lebih tenang ketika pendaftaran dibuka.

Persiapan administrasi yang sudah beres sejak awal akan mengurangi beban psikis menjelang pendaftaran dan ujian sehingga calon mahasiswa bisa lebih rileks. Faktor persiapan belajar saja tidak cukup karena faktor psikis dan kesiapan mental bisa berpengaruh ketika mengikuti tes ujian masuk.

Persiapan Penguasaan Materi

Ada beberapa materi dasar yang sangat dibutuhkan dalam tes masuk jurusan kedokteran serta proses kuliah di jurusan kedokteran. Salah satu yang paling penting adalah mata pelajaran IPA karena jurusan kedokteran masuk ke dalam golongan IPA.

Materi ujian di lingkup pelajaran IPA akan meliputi matematika, biologi, fisika dan kimia. Keempat mata pelajaran tersebut harus benar – benar dikuasai dengan baik agar bisa lolos ujian masuk dan nantinya mampu mengikuti kuliah dengan baik.

Mata kuliah dalam lingkup biologi dan kimia akan banyak dipelajari ketika sudah memasuki masa kuliah. Calon mahasiswa sebaiknya sejak awal sudah menyukai dan menguasai dua mata pelajaran tersebut agar tidak mengalami hambatan ketika ujian dan kuliah.

Menemukan Metode Belajar Efektif

Setiap orang adalah individu yang khas sehingga ada kemungkinan metode belajar antara satu orang berbeda dengan orang yang lain. Calon mahasiswa kedokteran sebaiknya sudah menemukan metode belajar yang paling nyaman dan efektif sejak masa SMA.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan penguasaan materi untuk kebutuhan ujian masuk dan nantinya jika diterima saat menjalani kegiatan belajar perkuliahan. Metode belajar yang efektif akan memungkinkan seorang calon mahasiswa untuk menguasai materi – materi yang dibutuhkan dalam persiapan ujian masuk jurusan kedokteran.

Nilai Ujian Nasional Tinggi

Sebelum mencoba untuk mengikuti ujian seleksi jurusan kedokteran maka setiap siswa harus sudah lulus dari sekolah dan menyelesaikan Ujian Nasional atau UN. Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa jurusan kedokteran adalah nilai Ujian Nasional yang tinggi karena akan menjadi salah satu bahan pertimbangan setelah menjalani ujian masuk.

Nilai Ujian Nasional yang tinggi juga akan menunjukkan kemampuan penguasaan materi seorang calon mahasiswa dan bisa menjadi indikator kesiapan untuk menjalani ujian masuk perguruan tinggi. Belajar untuk persiapan Ujian Nasional dengan serius bisa menjadi modal penting dalam persiapan mengikuti tes jurusan kedokteran.

Pelajari Jalur – jalur Masuk ke Jurusan Kedokteran

Umumnya akan ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di jurusan kedokteran. Calon mahasiswa sebaiknya mencari tahu dan mempelajari jalur – jalur masuk yang terbuka dan sebisa mungkin mencoba semua alternatif guna memaksimalkan usaha.

Ikut Bimbingan Belajar dan Uji Coba Masuk Jurusan Kedokteran

Bergabung dengan bimbingan belajar yang berkualitas bisa menjadi salah satu modal penting untuk meningkatkan kemampuan dalam mempersiapkan diri mengikuti UN dan ujian masuk jurusan kedokteran. Fokus pada mata pelajaran yang nantinya akan diujikan bisa menjadi langkah taktis persiapan ujian masuk.

Mengikuti uji coba masuk jurusan kedokteran bisa menjadi bagian dari persiapan untuk melihat kemampuan dan memperhitungkan peluang masuk. Hasil tes uji coba dapat digunakan sebagai acuan untuk menutup kekurangan – kekurangan sebelum mengikuti ujian masuk yang sebenarnya.

Itulah beberapa hal penting yang bisa diperhatikan dan dipersiapkan oleh calon mahasiswa yang ingin lolos tes jurusan kedokteran. Persiapan yang matang akan meningkatkan peluang calon mahasiswa diterima di jurusan kedokteran.

Artikel lain