Mengenal Fungsi Akuntansi Keuangan Dalam Perusahaan

Keuangan adalah bagian paling penting dalam sebuah perusahaan. Tak hanya itu, keuangan juga diibaratkan sebagai ‘jantung’ perusahaan. Pendapatan dan pengeluaran harus jelas, sehingga perusahaan bisa mengetahui berapa omset yang didapatkan. Maka dari itu, sebuah perusahaan membutuhkan adanya akuntansi keuangan. Lalu, apa fungsi akuntansi keuangan? Yuk, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Akuntansi Keuangan?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai fungsi, ada baiknya mengetahui secara singkat mengenai akuntansi keuangan. Secara sederhananya, akuntansi keuangan adalah proses penyusunan laporan keuangan secara berkala pada sebuah perusahaan.

Laporan keuangan akan digunakan untuk menunjukkan kinerja perusahaan, posisi keuangan kepada pihak investor, pemasok, pelanggan, dan sebagai bahan pertanggung jawaban kepada pemegang saham. Selain itu, penyajian laporan keuangan menjadi tolak ukur dalam mengambil keputusan oleh pimpinan perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui secara singkat mengenai akuntansi keuangan, selanjutnya memahami bagaimana pentingnya fungsi akuntansi dalam perusahaan berikut ini.

Mengetahui Keuntungan dan Kerugian Perusahaan

Tujuan utama dari adanya bisnis adalah memperoleh keuntungan, bukan? Mengetahui laba ataupun kerugian yang dimiliki haris menggunakan akuntansi, Seorang akuntan disebuah perusahaan harus benar-benar memahami dan bisa mengkalkulasinya dengan benar. Kemudian, data keuntungan dan kerugian akan dijadikan sebagai dasar keputusan.

Untuk memastikan perusahaan mengalami rugi atau untung dalam satu periode, dibutuhkan adanya catatan transaksi secara menyeluruh, detail, dan terbaru menggunakan proses akuntansi. Melalui proses tersebut, perusahaan akan menghasilkan berupa laporan keuangan yang dapat memperlihatkan dengan jelas keuntungan maupun kerugian pada periode tertentu.

Sebagai Bentuk Laporan Kepada Manajemen 

Akuntansi keuangan berfungsi sebagai laporan kepada perusahaan. Hal ini menjadi tanggung jawab seorang akuntan untuk mengkoordinasikannya dengan pihak eksternal perusahaan lain. Di samping itu, pihak internal juga harus mengetahui laporan keuangan yang dimiliki karena berfungsi sebagai informasi dan bahan evaluasi untuk manajemen perusahaan kedepannya. Dengan demikian, penyusunan laporan keuangan lebih struktural dan sistematis, khususnya terkait dengan pasiva, aktiva, modal, kewajiban dan pajak.

Membantu Meningkatkan Tujuan Perusahaan

Fungsi akuntansi keuangan menjadi bantuan perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditargetkan sebelumnya. Oleh karena itu, seorang akuntan mempunyai tanggung jawab dalam menyampaikan data terkait finansial dalam sebuah usaha. Seorang akuntan membutuhkan kemampuan untuk menganalisis, melakukan evaluasi, dan meraih tujuan yang sudah menjadi target kedepannya.

Membantu Perusahaan Untuk Membagi Keuntungan

Akuntansi berfungsi sebagai laporan keuangan yang membantu perusahaan menetapkan hak bagi unsur. Hal ini mencakup semua unsur, baik eksternal dan internal. Untuk internal yang dimaksud, yakni mendapat laba pada pihak investor, sementara hak internal berhubungan dengan gaji dan bonus yang didapatkan karyawan.

Mempermudah Proses Evaluasi Perusahaan

Fungsi akuntansi dalam bisnis adalah mempermudah proses evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan pelaporan akuntansi keuangan, sehingga datanya harus konkrit dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan terkait perkembangan perusahaan kedepannya.

Untuk Monitor dan Controlling

Keuangan mempunyai fungsi penting yang bertujuan untuk memonitor dan mengawasi berbagai macam kegiatan yang terdapat di dalam perusahaan. Setiap transaksi harus dilakukan controlling yang tujuannya menghilangkan potensi kerugian.

Membuat Anggaran

Membuat laporan keuangan pada perusahaan adalah instrumen penting untuk meningkatkan pencapaian yang sudah direncanakan, baik periode awal tahun ataupun transaksi yang akan datang. Meski cukup rumit, tetapi setiap perusahaan harus mempunyai seorang akuntan untuk mengelola keuangannya. Bagaimana, Anda sudah mengetahui fungsi akuntansi keuangan dalam sebuah perusahaan, bukan?

Artikel lain