Mengenal 6 Unsur Manajemen Bisnis yang Crucial

Unsur-Unsur Manajemen Bisnis

Dalam manajemen bisnis terdapat unsur-unsur yang memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan usaha. Setiap unsur saling berkaitan satu dengan yang lain dan tidak terpisahkan. Di mana jika salah satu unsur hilang atau ada tapi tidak optimal, maka akan ada dampak berarti bagi perusahaan yang akhirnya memberi kendala tersendiri.

Manajemen dibutuhkan dalam setiap action usaha. Di mana di dalamnya terdapat unsur-unsur crucial. Berikut unsur manajemen bisnis yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis diantaranya:

2. Human (Manusia)

SDM atau Sumber Daya Manusia menjadi unsur terpenting dalam manajemen bisnis. Tanpa adanya SDM yang mumpuni, tentu bisnis tidak bisa berjalan baik seperlu mencapai tujuan.

Manusia adalah unsur yang memiliki peran utama mulai dari awal merintis usaha. Yakni mulai dari menentukan tujuan bisnis, penyusunan rencana terbaik, hingga aksi nyata untuk mencapai tujuan usaha. Manusia pula yang memegang kontrol terhadap unsur manajemen bisnis lainnya.

3. Money (Uang)

Sejak memulai bisnis, uang juga memiliki peran penting sebagai modal utama. Seiring berjalannya bisnis uang menjadi alat tukar dan sekaligus alat ukur nilai keberhasilan dari bisnis yang dijalankan. Keberhasilan kegiatan bisnis sendiri bisa dilihat dari besar jumlah uang yang beredar dalam cast flow.

Sebagai unsur manajemen bisnis uang juga dapat digunakan untuk memperhitungkan bisnis secara rasional. Contohnya saat akan membeli mesin baru, membayar gaji bulanan pegawai, hingga hitungan uang yang harus masuk agar bisnis dikatakan untung.

4. Materials (Bahan Baku)

Untuk material atau bahan baku dibedakan menjadi 2 macam, yaitu bahan setengah jadi dan bahan jadi. Bahan dibutuhkan dalam proses produksi menghasilkan suatu produk baru yang akan dijual.
Tanpa bahan baku semua rencana manajemen bisnis yang disusun bisa jadi sia-sia. Karena tidak ada produk untuk dihasilkan dan ditawarkan ke pasar. Upaya pencapaian tujuan pun pastinya terhambat.

5. Machine (Mesin)

SDM mumpuni ada, bahan baku tersedia, modal uang ada, tapi semuanya bisa terkendala jika tidak memiliki mesin yang fungsional. Karena itulah mesin juga termasuk dalam unsur manajemen bisnis.

Mesin-mesin yang dimaksud tidak terbatas pada mesin produksi saja seperti mesin pabrik untuk menghasilkan barang. Adapun mesin yang dimaksud juga meliputi kebutuhan mesin di kantor seperti mesin komputer PC, mesin cetak printer, mesin fotocopy, dan lainnya.

6. Methods (Metode)

Metode manajemen bisnis membantu Anda menjalankan semua proses dan kegiatan manajemen yang efektif dan efisien. Tentu Anda membutuhkan metode terbaik agar memudahkan upaya mencapai tujuan. Di sinilah dibutuhkan kesinambungan antar semua divisi dan semua pekerja yang terlibat.

7. Market (Pasar)

Unsur manajemen bisnis terakhir adalah pasar. Sebaik apapun perencanaan atau sebagus apapun mutu produk yang dihasilkan akan percuma jika tidak ada pasar yang menunjang. Tanpa adanya pasar kegiatan produksi bisa terhenti dan mengancam keberlangsungan bisnis Anda.

Setiap produk memiliki pangsa pasar masing-masing. Tugas Anda menemukan pangsa pasar tersebut. Oleh karena itu Anda juga membutuhkan tim pemasaran yang handal dan memiliki strategi mantap seperlu menarik perhatian target pasar. Susun strategi sebaik mungkin untuk merangkul market sebesar-besarnya.

Dengan perkembangan teknologi, sejatinya kegiatan pemasaran jauh lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan sejumlah sosial media, web, atau lainnya untuk mendapatkan pasar lebih luas.

Agar bisnis yang dikelola bisa berkembang dan juga sustain, keenam unsur di atas perlu dikelola secara baik dalam manajemen bisnis. Sehingga ada bonus lain yang bisa Anda peroleh berupa keuntungan atau laba.

Artikel lain