Mau Sukses dalam Karier? Ini Prospek Kerja Kuliah Perhotelan

Mengapa Kuliah Perhotelan?

Kuliah perhotelan mungkin benar tidak sepopuler jurusan kedokteran atau lainnya. Namun jangan salah, karena jurusan ini termasuk yang memiliki prospek kerja menjanjikan. Pasalnya industri perhotelan cenderung mengalami peningkatan setiap waktunya. Banyak dampak positif yang bisa didapatkan oleh lulusan perhotelan.

Untuk biaya kuliah perhotelan cukup relatif terjangkau. Malah tergolong murah mengingat ada prospek jenjang karir yang gemilang di masa depan. Terlebih bila lulusan perhotelan bisa bekerja di hotel bintang 5. Dimana seorang sarjana baru sekalipun bisa mendapat tawaran gaji besar. Jadi mengapa kuliah jurusan perhotelan? Berikut alasannya:

  • Industri perhotelan tidak terlepas dari pariwisata. Dimana dari waktu ke waktu dunia pariwisata terus berkembang. Adanya obyek wisata baru yang dibuka pun berdampak baik pada perhotelan. Karenanya prospek dunia kerja perhotelan senantiasa terbuka lebar.
  • Tersedia banyak profesi di industri perhotelan yang bisa dipilih sesuai passion. Dimana profesi ini bergantung dengan program kuliah perhotelan bagus yang dipelajari.
  • Meski lulus kuliah perhotelan tidak serta merta mengharuskan kerja di industri perhotelan saja. Ada peluang lain yang bisa diambil seperti bekerja di kementerian pariwisata, menjadi chef, atau membuka lapangan pekerjaan seperti bisnis bakery, kuliner, kafe, atau lainnya. Hal ini karena di jurusan perhotelan peserta didik tidak hanya belajar tentang administrasi tetapi lengkap mencakup tata boga, tata hidang, psikologi pelayanan, dan masih banyak lagi.
  • Lulusan kuliah perhotelan terbaik memiliki bekal keterampilan bahasa asing dan komunikasi. Bekal ini tentunya juga membuka peluang lain bagi lulusan yang ingin bekerja go internasional, seperti bekerja di hotel bintang lima di luar negeri atau bergabung dengan maskapai pelayaran yang tentunya tidak perlu diragukan lagi besar income tiap bulannya.

Prospek Kerja Industri Perhotelan

Banyak jalur karier ditawarkan lengkap dengan prospek yang baik. Seperti seperlunya disampaikan peserta didik bisa memilih fokus karier sesuai passion atau minat masing-masing. Berikut beberapa diantaranya:

  • Bagian Pelayanan

Prospek kerja kuliah perhotelan pertama ini senantiasa dibutuhkan dunia perhotelan. Hal ini mengingat peran pentingnya dalam memberi pelayanan langsung kepada konsumen. Beberapa profesi yang termasuk bagian pelayanan yaitu desk clerks, porter, concierge, dan waiter atau waitress.

Desk clerks atau resepsionis memiliki tugas penting dalam menyambut konsumen dengan pemeriksaan ada tidaknya kamar kosong, melayani pemesanan kamar, dan penarikan pembayaran. Sementara porter adalah staf yang bertugas menangani kebutuhan bagasi konsumen. Seperti membawa barang dari lobi ke kamar atau sebaliknya dan mengantar konsumen ke kamar.

Ada juga bagian yang bertugas memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin memesan restoran, kendaraan, atau lainnya. Tugas ini dimiliki oleh seorang concierge. Bedanya waiter atau waitress lebih fokus dengan kegiatan pelayanan di hotel dengan restoran dan bar.

  • Bidang Administrasi

Prospek kuliah perhotelan lainnya adalah bidang administrasi yang berkaitan dengan manajemen operasional, pemasaran, dan keuangan. Profesi yang termasuk bidang ini diantaranya manajer hotel, sales marketing, dan purchasing.

Dari apa yang dipelajari di kuliah perhotelan seorang manajer bertanggung jawab mengontrol kegiatan operasional hotel berjalan baik. Tak kalah penting, peran sales marketing dibutuhkan seperlu memperkenalkan dan mempromosikan hotel ke calon konsumen. Sementara purchasing wajib memastikan semua produk dan perlengkapan hotel terpenuhi seperti bahan makanan, seprei, handuk, dan perlengkapan lain.

  • Bidang Pembersihan dan Pemeliharaan

Kenyamanan konsumen salah satunya ditunjang oleh kondisi hotel yang bersih dan terpelihara. Dalam hal ini dibutuhkan jasa housekeeper dan maintenance.

Pada kuliah perhotelan kedua profesi ini memiliki peran tidak kalah penting. Housekeeper bertugas menjaga kebersihan hotel secara menyeluruh. Sedangkan maintenance bertanggung jawab memastikan semua fasilitas hotel berfungsi optimal dan bisa digunakan oleh konsumen.

Artikel lain