Make Up Hack dari Bahan-bahan Dapur

blank

Make Up Hack dari Bahan-bahan Dapur. Jawa Pos.2 Juli 2020. Hal.24. Ade Kumala Putri. Alumnus UC

Bikin Luka dari Maizena, Darah Pakai Pewarna Makanan

SURABAYA, Jawa Pos – Memanfaatkan bahanbahan yang ada di rumah menjadi pilihan bloger Ade Kumala Putri untuk ber- make-up. Perempuan asal Surabaya itu hobi mengkreasikan art make-up yang unik-unik. Namun, bahan-bahan yang dipakainya tidak selalu dari brand mahal. Tapi, dia membuat make-up hack dari bahan-bahan dapur.

Mulai tepung maizena, pewarna makanan, hingga susu kental manis pemah dipakainya untuk membuat malce-up special effect. “Awalnya memang pengin bikin-bikin make-up yang low budget. Dan hack-hack ini kebanyakan dipakai di luar negeri juga,” ceritanya kemarin (30/6). Sebab, untuk membuat make-up special effect, biasanya butuh buget yang lumayan besar.

Misalnya, dalam membuat special effect seperti luka. Lala -panggilan akrab Ade Kumala Putri menjelaskan bahwa dirinya akan memakai tepung maizena. “Caranya gampang banget. Tepungnya tinggal dikasih air panas sampai agak mengental. Terus dicampurin sama foundation cair biar warnanya blsa menyesuaikan sama kulit,” jelasnya.

Sementara itu, dia juga bercerita saat membuat efek darah, dia lebih memilih untuk memakai pewama makanan dan susu kental manis. Keduanya tin al digabungkan sampai membentuk tekstur sesuai kebutuhan. “Kayak gini jatuhnya juga jadi murah banget. Nggak sampai Rp 5 ribu. Padahal, kalau pakai face blood itu bisa sampai Rp 100 ribu,” ujarnya.

Selain itu, saat memanfaatkan pewarna makanan dan susu kental manis, perempuan alumnus Universitas Ciputra itu mengaku mendapatkan keuntungan yang lebih lainnya. Misalnya, lebih aman saat tidak sengaja kemakan. “Soalnya aku juga sering bikin bikin kayak yang berdarah-darah di sekitar mulut. Jadi rasanya nggak mengganggu,” tambahnya.

Perempuan yang aktif di dunia blog sejak 2013 itu kini semakin banyak mengkreasikan make-up-nya. “Apalagi sekarang media sosial lebih banyak ya. Terus, kalau dulu dokumentasinya cuma foto, sekarang lebih ke video,” tambahnya. Dalam masa pandemi sekarang, kreasi-kreasi make-up juga semakin bervariasi. Terlebih saat banyak make-up challenge di platform Instagram hingga TikTok. “Ini juga jadi tantangan yang baru lagi,” imbuhnya. (ama/c13/tla)

Sumber: Jawa Pos. 2 Juli 2020. Hal. 24

Menu