Ketahui Pengertian Psikologi dan Tanda-Tanda dari Gangguan Psikologi

blank

Pengertian psikologi yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Segala perilaku manusia baik secara mental dan pikiran dapat diketahui setelah melakukan penelitian. Bagi seseorang yang merasa mengalami masalah dan sulit menemukan solusi penyelesaiannya bisa datang ke seorang psikolog.

Psikolog berperan dalam membantu klien yang merasa kesulitan menghadapi masalah. Jika seseorang yang tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya maka akan mempengaruhi mentalnya. Sehingga hal tersebut dapat membawa dampak negatif pada kondisi kesehatannya.

Masalah gangguan kepribadian juga bisa muncul karena adanya penyakit tertentu. Begitu juga dengan perilaku seseorang dapat berpengaruh pada kesehatan. Untuk mengetahui penyebab dari permasalahan yang dihadapi maka perlu ditelusuri terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa gangguan psikologi yang umumnya sering dijumpai. Gangguan yang tidak segera diatasi ini dapat mempengaruhi pola pikir dan emosi seseorang.

  1. Gangguan Kepribadian

Gangguan ini mempengaruhi pola pikir sehingga membuat penderitanya berperilaku tidak normal. Menurut  pengertian psikologi, penderita gangguan kepribadian seringkali tidak sadar jika dia menderita gangguan tersebut. Umumnya orang yang mengalami gangguan kepribadian adalah mereka beranjak remaja hingga awal dewasa.

Dari pengertian psikologi ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab dari munculnya gangguan kepribadian. Beberapa diantaranya kehidupan keluarga tidak harmonis, mengalami pelecehan semasa kecil baik fisik maupun verba atau adanya kelainan pada struktur otaknya. Oleh karena itu, jika gangguan kepribadian seseorang dirasa cukup mengganggu segera konsultasikan dengan dokter spesialis kejiwaan.

  1. Gangguan Makan

Jangan menganggap remeh seseorang yang mempunyai masalah dengan pola makannya. Ada kalanya seseorang makan dalam porsi sedikit ada kalanya makan terlalu banyak. Ada beberapa orang yang ingin memiliki tubuh ideal sehingga terlalu menjaga makanan yang masuk ke tubuh. Ternyata hal ini termasuk dalam gangguan makan.

Namun ada faktor yang turut mempengaruhi terjadinya gangguan makan tersebut. Faktor tersebut bisa saja terjadi karena biologis, genetik, keturunan maupun psikologis. Dari pengertian psikologi gangguan makan juga memberikan gangguan lain seperti depresi dan rasa cemas berlebih. Langkah penanganannya, biasanya akan dilakukan terapi sebagai upaya memperbaiki pola makan yang sehat.

  1. Gangguan Kecemasan

Siapa yang tidak pernah merasakan cemas? Tentu semua orang pernah mengalaminya. Namun Anda perlu waspada jika cemas yang dirasakan sering muncul. Hal ini bisa saja masuk dalam gangguan kecemasan.

Menurut pengertian psikologi, gangguan kecemasan yang berlebih muncul karena terdapat masalah pada fungsi otak. Anda perlu mengenali jenis gangguan kecemasan sehingga hal ini dapat sedikit membantu Anda apakah menderita gangguan ini atau tidak. Jika mengenalinya lebih dini maka penanganan juga bisa dilakukan sedini mungkin.

Yang termasuk gangguan kecemasan dalam pengertian psikologi diantaranya gangguan kecemasan umum, kecemasan sosial dan gangguan panik. Gangguan kecemasan umum bisa bertahan dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan. Biasanya penderita terlalu sering overthinking. Jika tidak segera ditangani dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Gangguan kecemasan sosial akan merasa sulit dalam melakukan interaksi sosial. Penderita dari gangguan kecemasan sosial merasa takut saat harus melakukan sesuatu di antara banyak orang. Penanganan dari gangguan kecemasan sosial dapat melalui terapi kognitif atau mengkonsumsi obat antidepresan.

Selanjutnya gangguan panik akan dialami oleh penderita yang merasakan cemas atau panik secara tiba-tiba. Untuk menanganinya menurut pengertian psikologi, duduk pejamkan mata kemudian tarik nafas lalu hembuskan dan ulangi cara tersebut hingga merasa tenang.

Menu