Jurusan Kuliah IPA Ini Bisa Memberi Prospek Karir yang Menjanjikan!

jurusan kuliah ipa

Pemilihan jurusan kuliah membuat banyak siswa di tingkat SMA bingung karena pemilihan jurusan kuliah juga akan mempengaruhi bidang pekerjaan nantinya. Apakah kamu juga bingung mengambil jurusan kuliah apa? Penting bagi seorang siswa untuk memilih jurusan kuliah yang cocok dengan minat dan bakatnya. Ditambah lagi, seorang siswa pasti ingin memilih jurusan kuliah yang bisa memberi prospek karir yang menjanjikan. Untuk para anak IPA yang masih bingung dengan jurusan kuliah yang mau dipilih, ini ada 3 contoh yang bisa kamu pilih!

Jurusan Kuliah Anak IPA

1. Fakultas Kedokteran

Jurusan untuk anak IPA yang satu ini pasti sudah identik dengan prestise dan status yang tinggi. Dari tahun ke tahun jurusan kedokteran ini selalu diminati oleh banyak orang, dengan ribuan pelamar terutama di universitas-universitas negeri.

Profesi dokter, terutama dokter spesialis, selalu dibutuhkan dan terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Sebelum menjadi dokter spesialis, harus lulus pendidikan dokter umum terlebih dahulu dari Fakultas Kedokteran (FK). Pilihan lain adalah juga dengan memilih jurusan Kedokteran Gigi atau Kedokteran Hewan.

Kalau kamu inging masuk jurusan kedokteran ini perlu untuk lulus dari kelas IPA, karena butuh memiliki minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, kimia, fisika dan matematika.

Baca juga: Peran Fakultas Kedokteran dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19

2. Informatics (Teknik Informatika)

Siapa sih yang jaman sekarang tidak menggunakan komputer dan jaringan internet? Bayangkan saja beberapa tahun yang akan datang ini seberapa bergantungnya kita pada teknologi.

Jurusan yang berurusan dan terkait dengan teknologi ini disebut yaitu Informatics atau Teknik Informatika. Di jurusan ini, kamu bisa belajar semua tentang komputer dan teknologi, termasuk pemrograman komputer dan jaringan, perangkat lunak, perangkat keras dan lain-lain.

Prospek kalau lulus dari jurusan ini juga sangat menjanjikan, karena di masa Industri 4.0 ini banyak sekali yang bergantung dan melakukan aktivitas melalui program komputer. Menurut temuan World Economic Forum dalam Future of Jobs Report 2020, Teknik Informatika dikatakan sebagai salah satu jurusan paling menjanjikan dan yang akan dibutuhkan di masa depan.

Kuliah di Teknik Informatika cocok untuk anak IPA karena membutuhkan dasar pengetahuan matematika dan fisika yang baik

3. Food Technology Program (Teknologi Pangan)

Nah kalau jurusan yang satu ini mungkin masih ada beberapa orang yang kurang familiar dengannya. Food Technology Program atau Teknologi Pangan ini adalah jurusan yang mempelajari produksi makanan dan memastikan gizi yang memenuhi kebutuhan para konsumer.

Dalam jurusan ini, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar mengenai komponen-komponen kimiawi dan biologi yang terdapat di dalam makanan dan efeknya pada tubuh manusia. Beberapa prospek pekerjaan dari lulusan Teknologi Pangan ini adalah menjadi quality control atau peneliti di perusahaan-perusahaan pangan seperti Indofood, Sido Muncul dan lain-lain.

Jurusan ini cocok untuk kalian anak-anak IPA yang tertarik dengan pelajaran biologi dan kimia.

Begitu deh 3 jurusan dengan prospek menjanjikan yang bisa kamu ambil sebagai seorang anak IPA. Oh iya, kebetulan juga jurusan-jurusan ini semua tersedia di Universitas Ciputra Surabaya loh. Langsung aja cek disini!

Artikel lain