Intip Cara Menjadi Developer Aplikasi Android Sukses

Developer aplikasi merupakan seseorang yang menguji dan membuat aplikasi dengan desain khusus perangkat elektronik. Biasanya mereka dibekali dengan kemampuan khusus di bidang tersebut. Apabila kamu ingin menjadi developer aplikasi android sukses, inilah persiapan yang dibutuhkan.

  1. Tekad yang Kuat

Perlu tekad yang kuat untuk mewujudkan sebuah impian, begitupun dengan keinginan menjadi seorang developer aplikasi. Apabila kamu ingin impian tersebut terwujud maka harus fokus pada tujuan dengan terus mengembangkan keahlian. Kamu juga dapat mendedikasikan diri ada semua hal yang berhubungan dengan impian sehingga menjadi developer android yang hebat.

Kehebatan tersebut tentu saja akan membawa kamu ke dalam lingkup yang lebih luas dengan bayaran tinggi. Saat itulah kesuksesan berada dalam genggaman kamu. Intinya jangan berputus asa dan tidak mudah puas dengan segala pencapaian. Terus gali pengetahuan lebih lanjut sesuai bidang yang diinginkan.

  1. Kuasai Bahasa Pemrograman

Selain bahasa manusia, kamu harus menguasai bahasa pemrograman untuk menjadi developer sukses. Bahasa inilah yang nantinya digunakan dalam proses pembuatan aplikasi android. Nah, bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dengan basis OOP. Kamu wajib menguasainya atau setidaknya memahami dan terus melatih kemampuan dalam bahasa Java.

  1. Kuasai XML

Extensible Markup Language merupakan bahasa markup yang dipakai saat pembuatan dokumen markup. Bahasa ini digunakan untuk keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. Jika kamu menggunakan Android Studio XML untuk desain aplikasi, setidaknya harus memahami syntax dan semantik.

XML digunakan di Webservice, Layout, Konfigurasi dan berbagai keperluan lainnya dalam dunia programing. Hal ini sebenarnya tidak begitu sulit untuk dipelajari karena kamu hanya perlu memahami aturan dasarnya yakni cara menulis dan cara membaca. Apabila kamu menguasai dua hal tersebut maka kemampuan yang kamu miliki bisa dikatakan cukup untuk menjadi developer aplikasi.

  1. Instal JDK dan SDK

Java Development Kit (JDK) yaitu sebuah kotak yang berisi peralatan atau tool yang digunakan untuk PC agar dapat memahami file dalam bahasa Java. Sementara Software Development Kit (SDK) merupakan kumpulan alat atau tool yang digunakan dalam pembuatan software. Instal keduanya jika kamu ingin menjadi seorang developer aplikasi android yang sukses.

  1. Instal Program Pembangun Aplikasi Android

Setelah kamu memahami dan menguasai bahasa pemrograman Java, lakukan install program pembangun aplikasi android. Ada banyak aplikasi serupa, namun kali ini kamu direkomendasikan untuk instal Android Studio. Aplikasi ini merupakan yang paling update dan banyak digunakan oleh developer lain. Pastikan spesifikasi laptop kamu minimal core i-2 dengan RAM 4 GB.

  1. Cari Referensi

Developer yang baik harus selalu update dengan berbagai informasi di luar sana terkait dunia android. Kamu bisa mengunjungi beberapa situs web yang berisi konten dengan informasi terupdate dan bermanfaat. Selain itu juga bisa mengikuti suatu komunitas atau forum sebagai tempat bertukar pikiran, pendapat dan pandangan dengan pengembang lain.

  1. Kerja Sama Tim

Bekerja sendiri memang lebih mudah karena kamu tidak perlu memberitahukan kepada orang lain apa yang harus dilakukan. Kamu bisa mengerjakan sendiri tanpa harus repot bicara dengan orang lain. Namun itu mungkin dapat menghabiskan waktu yang lebih lama.

Oleh karena itu kamu bisa membentuk sebuah tim dan berbagai tugas dengan mereka. Sebuah tim yang baik dapat menutupi kekurangan satu sama lain. Hal itu juga lebih efektif dan sesuai target sudah dicanangkan sebelumnya.

Itulah cara menjadi developer aplikasi android yang sukses dengan persiapan dasar. Semoga informasi di atas dapat membuat kamu menjadi developer aplikasi yang dapat diandalkan.

Artikel lain