Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Ingin terjun ke dunia bisnis kreatif tapi tidak ada ide? Masalah ide adalah kunci yang harus dipecahkan jika ingin sukses. Jika Anda tidak punya ide bisnis kreatif dan unik, kemungkinan pesaing bisa ambil kesempatan. Pastikan persiapkan ide baik untuk lebih sukses.

Untuk membantu Anda, mari bahas cara mendapatkan ide kreatif ini dalam artikel berikut! Berikut adalah bahasannya:

Kembangkan Ide Sesuai Minat dan Bakat Anda

Saat mencari inspirasi ide untuk bisnis kreatif, Anda harus mulai dari minat dan bakat Anda. Sesuatu yang Anda mengerti akan lebih mudah dimodifikasi dan dikembangkan menjadi unik. Contoh saja Anda memiliki minat sebagai penulis novel fantasi. Anda sayangnya lebih berbakat untuk bekerja dalam industri otomotif.

Karena hal ini, mengapa tidak padukan keduanya. Anda bisa buat cerita novel fantasy yang berhubungan dengan dunia otomotif. Anda bisa publish cerita ini sebagai web novel jika tidak yakin diterima oleh publisher. Platform web novel berbayar saat ini sudah banyak. Jadi Anda bisa mulai bisnis menulis seperti yang Anda sukai.

Cari Berbagai Sumber Inspirasi dari Internet

Internet adalah sumber yang paling mudah digunakan untuk cari ide. Mulai dari hal mainstream sampai niche aneh bisa Anda dapatkan. Contoh saja soal kerajinan. Anda bisa dapatkan inspirasi dari berbagai modifikasi kerajinan Indonesia. Anda juga bisa cari inspirasi kerajinan modern di luar negeri.

Contoh saja desain tas rotan. Menggunakan desain bentuk tas fasion luar negeri, Anda bisa adaptasi tas rotan untuk menjadi replika tas tersebut. Hal ini tentu unik karena tas fasion terbuat dari bahan kerajinan masih belum umum di Indonesia. Jadi hal ini punya potensi jadi ide bisnis kreatif yang populer.

Gunakan Trend Luar Negeri Untuk Bumbu Unik

Jika tidak ada ide sama sekali, tidak ada salahnya mengintip trend di negara lain untuk inspirasi. Contoh saja Anda bisa lihat bahwa trend kerasi game mulai berkembang di Malaysia, Thailand dan Singapura. Anda bisa coba terjun ke sini untuk coba kembangkan usaha game development sendiri.

Inspirasi ini bisa mendorong Anda mencoba hal baru yang belum banyak dikembangkan di Indonesia. Jika sukses, Anda bisa ambil bagian di pasar yang belum banyak saingannya. Tentu hal ini juga tergantung dari pilihan industri kreatif yang ingin Anda masuki.

Lakukan Survei dan Riset Pasar

Bila Anda ingin ide unik tapi tetap bisa laku di pasaran, tidak ada salahnya melakukan riset intensif. Anda bisa coba bayar orang untuk melakukan survei seputar bisnis kreatif yang diminati masyarakat. Contoh saja soal kuliner.

Di masyarakat apa menu yang paling diminati? Apakah model tempat makan café, restoran atau online delivery only lebih diminati? Bagaimana profil rasa rata – rata yang disukai masyarakat? Jika bisa kumpulkan data ini, Anda bisa olah ide kuliner yang paling cocok.

Misalkan saja, masyarakat suka menu makanan fastfood dengan layanan delivery. Dari data didapat juga masyarakat suka hidangan pedas. Dari sini, Anda bisa bentuk sendiri usaha delivery yang berkutat pada fastfood sandwich unik dengan tempa serba pedas.

Anda bisa dapatkan konsep, hanya dengan manfaatkan sumber – sumber data dari calon konsumen. Anda bisa aplikasikan hal ini untuk bentuk ide bisnis kreatif dan unik dalam lingkung lain. Contoh saja soal desain, arsitek dan juga software development.

Artikel lain