Beberapa Kelebihan Jurusan Kedokteran Bagi Masa Depan

Belajar di jurusan kedokteran merupakan satu – satunya cara untuk bisa menjadi dokter. Tidak ada jalur lain yang bisa ditempuh seorang calon mahasiswa yang ingin menjadi dokter selain lolos masuk ke jurusan tersebut. Menjadi dokter memang merupakan sebuah cita – cita yang diinginkan oleh banyak orang. Hal ini berkaitan dengan kelebihan jurusan kedokteran jika dibandingkan dengan jurusan atau bidang ilmu yang lain.

Profesi dokter merupakan pilihan profesi yang menjanjikan banyak hal. Seorang dokter memiliki kesempatan untuk melakukan banyak kebaikan dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan. Sedangkan dari sisi ekonomi, profesi dokter juga cukup menjanjikan penghasilan yang tinggi terutama jika berhasil menjadi dokter yang terpercaya dan berkesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan spesialis yang laku.

Ada beberapa kelebihan mengambil jurusan kedokteran yang bisa dijadikan acuan dan motivasi bagi siapapun yang memang ingin kuliah di jurusan tersebut agar nantinya bisa memiliki profesi sebagai dokter. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa diperoleh ketika belajar di jurusan kedokteran.

  1. Memiliki Kesempatan Menjadi Dokter

Profesi dokter hanya bisa diperoleh dengan cara diterima di jurusan kedokteran karena dasar ilmu untuk menjadi dokter hanya diajarkan di jurusan tersebut. Sehingga satu – satunya kesempatan yang harus diambil oleh seorang calon mahasiswa yang ingin menjadi dokter adalah masuk jurusan kedokteran dan berhasil lulus dari jurusan tersebut.

  1. Memiliki Masa Depan Terjamin

Harus diakui bahwa potensi jurusan kedokteran adalah memiliki profesi yang memiliki jaminan masa depan yang baik. Seorang dokter akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat karena masalah kesehatan merupakan salah satu masalah yang akan selalu ada dan dokter merupakan salah satu solusi dari masalah kesehatan tersebut.

Indonesia yang luas dan adanya kebutuhan tenaga kesehatan khususnya dokter di berbagai penjuru negeri merupakan bukti dari terbukanya peluang sukses seorang dokter di masa depan. Bahkan seorang dokter yang kesulitan bersaing di kota besar masih berpeluang untuk meraih sukses jika berani mengabdikan diri di daerah – daerah yang masih membutuhkan kehadiran seorang dokter.

  1. Berpeluang Mendapat Penghasilan Besar

Kelebihan jurusan kedokteran yang lain adalah nantinya berpotensi memiliki tingkat gaji yang tinggi berdasarkan standar gaji yang ditetapkan oleh Ikatan Dokter Indonesia. Terlebih lagi seorang dokter mampu menamatkan jenjang pendidikan spesialis maka standar penghasilan yang didapatkan juga akan meningkat.

Dokter juga berpeluang untuk bekerja di beberapa rumah sakit atau klinik sekaligus membuka praktek sendiri. Situasi ini memungkinkan seorang dokter mendapatkan sumber penghasilan lebih dari satu tempat saja.

  1. Memiliki Citra Positif di Masyarakat

Sosok dokter hingga saat ini masih menjadi profesi yang dihormati di kalangan masyarakat. Terlebih lagi jika dokter tersebut sukses dan dipercaya oleh masyarakat melalui kemampuannya mengobati pasien yang sakit. Tingkat kehormatan dari masyarakat ini masih akan bertambah jika seorang dokter juga memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Kombinasi tersebut merupakan segala macam hal yang bisa diperoleh seorang mahasiswa jurusan kedokteran jika nantinya berhasil lulus dan menyelesaikan jenjang profesi hingga memiliki lisensi untuk melakukan praktek atau bekerja di rumah sakit ataupun klinik.

Itulah 4 kelebihan jurusan kedokteran yang tidak dimiliki oleh jurusan – jurusan lain sehingga jurusan ini menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Kelebihan tersebut pulalah yang membuat persaingan masuk ke jurusan kedokteran selalu ketat dari tahun ke tahun sehingga dibutuhkan usaha ekstra bagi siapapun yang ingin lolos ujian masuk ke jurusan tersebut.

Artikel lain