Apa itu Social Entrepreneur dan Apa Saja yang Jadi Kriteria Social Entrepreneur?

Social entrepreneur mungkin jadi kata yang asing bagi Anda. Jika dilihat dari katanya, mungkin yang terpikir adalah entrepreneur yaitu pengusaha.

Tapi berbeda dengan pengusaha lain yang sering Anda temui, social entrepreneur lebih tertuju dan berfokus pada isu sosial (social) yang ada di masyarakat. Biasanya sociopreneur ini fokus pada daerah atau tempat yang masih membutuhkan bantuan yang terkadang belum dapat support dari pemerintah atau lembaga lain.

Contoh isu yang sering dihadapi social entrepreneur adalah bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang industri kreatif, bidang kemanusiaan, dan juga penyediaan akses untuk daerah terpencil.

Definisi Social Entrepreneur

Jika diartikan secara harafiah social entrepreneur dibagi menjadi 2 kata, yaitu social dan entrepreneur. Social atau sosial artinya mengarah pada pemberdayaan dan kemasyarakatan. Lalu entrepreneur artinya  wirausahawan atau orang yang sedang menjalankan sebuah usaha.

Bila didefinisikan dari pengertian arti dari social entrepreneur adalah seseorang atau kelompok yang bisa memberikan solusi pada isu-isu sosial yang ada di masyarakat menggunakan metode atau prinsip kewirausahaan sebagai pemecahan masalah.

Aspek yang Membuat Wirausaha Masuk Dalam Social Entrepreneur

Jika mengarah pada definisi social entrepreneur di atas, mungkin Anda berpikir semua usaha bisa jadi social entrepreneur tapi tentu saja tidak begitu. Ada beberapa aspek yang membuat seseorang atau sebuah wirausaha tersebut masuk ke dalam kategori dan disebut sebagai social entrepreneur.

·         Tujuan Wirausaha

Aspek utama yang membedakan social entrepreneur dengan entrepreneur pada umumnya adalah tujuan dari usaha yang dijalankan.

Tujuannya jelas sebagai solusi dari isu sosial, dan karena alasan tersebut , keuntungan yang didapat bukan untuk pribadi, serta keuntungan adalah visi yang dicapai, bukan tujuan akhirnya.

·         Pengelolaan Hasil Wirausaha

Pengelolaan hasil akan diberikan untuk kegiatan sosial yang dapat memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar.

Tokoh Social Entrepreneur Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak bermunculan social entrepreneur, apalagi kalangan anak muda yang sudah mulai aware terhadap lingkungan di sekitar mereka. Beberapa adalah tokoh sociopreneur di Indonesia adalah:

  • Alfatih timur dengan kitabisa.com, usaha ini aktif pada bidang penggalangan dana sebagai tempat dan sarana beramal untuk daerah ataub masyarakat yang sedang terkena bencana.
  • Agis Nur Aulia dengan Jawara Banten Farm, usaha ini memberikan kontribusi besar dalam bidang swasembada pangan dengan usaha pada bidang peternakan kambing etawa, domba, serta sapi perah.

Kriteria Social Entrepreneur

Jika sebelumnya sudah membahas aspek yang membuat wirausaha masuk dalam kategori social entrepreneur, berikut adalah kriteria social entrepreneur pada seseorang atau kelompok.

·         Memahami Isu yang Akan Diangkat

Sebelum memulai, Anda harus memahami dulu apa isu sosial yang akan diangkat, Anda tentu tidak ingin dianggap tidak siap jika hanya memilih isu yang ada saja tapi tidak benar-benar paham apa permasalahan dan solusi yang dirasa dapat membantu meringankan isu tersebut.

·         Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Riset juga sangat penting dan sangat bermanfaat pada pemahaman isu, target usaha, serta organisasi atau lembaga luar yang bisa ikut melakukan kerja sama agar tujuan kegiatan sosial bisa tercapai.

·         Bisnis yang Transparan

Karena untuk kegiatan sosial, bisnis yang dilakukan oleh social entrepreneur haruslah transparan. Hal ini juga membuat investor atau orang-orang yang tertarik untuk membantu dapat lebih percaya pada usaha yang dijalani.

·          Gunakan Media Digital

Sebenarnya sangat banyak orang-orang dan anak muda yang ingin membantu banyak dari isu sosial ini, oleh karena itu media digital sangat diperlukan untuk menarik minat banyak orang. Selain lebih murah, penyebaran informasi ini akan lebih cepat mencapai target dibandingkan tanpa media digital.

Itulah tadi seputar social entrepreneur dan apa saja yang menjadi kriteria social entrepreneur. Dapat membantu dalam isu sosial di masyarakat menjadi kegiatan yang muli, banyak dari masyarakat sendiri ingin membantu, dengan adanya sociopreneur ini masyarakat sekitar pun merasa dimudahkan.

Artikel lain