Apa Itu Manajemen Perhotelan dan Bagaimana Cara Kerjanya

Manajemen perhotelan adalah ilmu pembelajaran yang berkaitan dengan perencanaan, produksi, hingga pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau perhotelan. Beberapa hal yang dipelajari di manajemen perhotelan dalam bentuk kurikulum pembelajaran dan penerapannya adalah sebagai berikut.

  1. Kemampuan mengatur manusia (SDM)

Kemampuan pengaturan atau pengelolaan SDM yang berkaitan dengan dunia perhotelan ini memungkinkan orang yang mempelajarinya untuk menempatkan sumber daya manusia yang tersedia di posisi sesuai dengan keahlian kerja maupun passion yang dimiliki. Misalnya saja orang yang memiliki bakat di bidang cleaning service tidak akan mungkin ditempatkan di bagian pengolahan makanan, kecuali memang ada bakat atau keahlian yang mendukung hal tersebut. Hal tersebut karena pengaturan SDM yang tepat akan meningkatkan performa pelayanan kepada konsumen.

  1. Pengelolaan keuangan

Jurusan manajemen perhotelan umumnya juga akan memberikan pembelajaran mengenai metode pengelolaan keuangan agar hotel yang bersangkutan dapat menemukan vendor yang tepat untuk pemenuhan kebutuhan operasional dengan harga serta standar yang sesuai dengan SOP hotel. Baca lebih lengkap tentang pengelolaan keuangan disini.

  1. Komunikasi atau humas

Karena berhubungan dengan sektor pariwisata, tidak mengherankan jika dalam jurusan manajemen perhotelan ada pembelajaran tentang teknik komunikasi, mengingat pekerja hotel tentu akan berhubungan dengan banyak vendor termasuk melakukan pemasaran dengan bekerjasama melalui instansi tertentu. Agar kerjasama terjalin baik dan berlangsung dalam jangka panjang, kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan.

  1. Sanitasi dan K3

Pembelajaran terkait sanitasi dan K3 atau prosedur keselamatan kerja akan dipelajari oleh siapapun yang mengambil jurusan manajemen di perhotelan. Hal ini karena keamanan dan kenyamanan pengunjung hotel umumnya menjadi tolok ukur pertama keberhasilan layanan. Anda akan belajar bagaimana tata cahaya, letak ventilasi, hingga aturan pembersihan ruangan menginap setelah digunakan. Terkait K3, Anda juga akan belajar prosedur awal yang perlu dilakukan sebagai petugas hotel apabila terjadi gangguan alam atau gangguan prosedur yang dapat mengganggu kenyamanan konsumen pengguna hotel.

  1. Program bahasa asing

Bukan hal yang aneh apabila di dunia perhotelan, Anda juga akan diminta untuk dapat menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Mandarin, atau bahasa lainnya. Hal tersebut umumnya perlu dilakukan untuk mendukung pelayanan kepada WNA yang menggunakan jasa hotel selama keperluan bisnis atau wisata yang dilakukan.

  1. Program binatu

Dalam sebuah hotel, kegiatan dan SOP binatu standar perlu dipahami dengan benar oleh siapapun yang berkarir di bidang tersebut. Umumnya SOP ini berkaitan dengan jenis bahan pakaian seperti apa yang bisa dibersihkan dengan menggunakan binatu hotel, lama waktu yang diperlukan untuk kegiatan pembersihan ruangan atau pembersihan pakaian konsumen, jenis barang yang perlu diganti di ruangan hotel apabila konsumen menginap dalam jangka waktu cukup lama, dan lainnya.

  1. Program manajerial

Ketika Anda terjun ke bidang bisnis perhotelan, Anda tentu ingin mencapai posisi tertinggi dan oleh karena itu, program pendidikan managerial juga akan didapatkan saat Anda mengambil pendidikan manajemen perhotelan. Melalui program ini, Anda akan belajar bagaimana memahami kondisi kerja dari setiap divisi yang ada di hotel dan memfasilitasi masing-masing divisi untuk menciptakan pelayanan profesional kepada semua konsumen.

  1. Manajemen makanan dan minuman

Salah satu hal penting yang menjadi aspek penilaian konsumen ketika berkunjung ke hotel adalah pelayanan makanan dan minumannya. Ketika makanan dan minuman yang disediakan di hotel sesuai dengan ekspektasi pengunjung, bukan tidak mungkin review yang diberikan akan mendatangkan kunjungan yang lebih besar. Karena itulah, kondisi bahan yang digunakan untuk membuat makanan dan minuman harus memenuhi standar higienitas tertentu dan dipastikan diolah dalam keadaan segar.

Artikel lain