Apa Arti Information System di Dunia Bisnis?

Jika berbicara tentang perusahaan modern, pasti mereka sudah menggunakan information system yang profesional. Untuk dapat berkembang menjadi perusahaan yang lebih maju, para pelaku bisnis harus mampu menerapkan sistem tersebut dengan baik. Masalah tidak banyak orang tahu apa sebenarnya information system di dunia bisnis tersebut.

Mengenal Information System dalam Operasi Bisnis

Information system adalah alat yang digunakan untuk mengelola informasi. Biasanya hal ini berhubungan dengan pengumpulan data, penyimpanan data, komunikasi data, proses data, analisa dan juga distribusi data. Data yang dimaksud dalam konteks bisnis tentu berbagai hal seputar human resource, logistic, data keuangan, penjualan dan juga data management.

Sebagai contoh Anda bisa lihat bagaimana perusahaan seperti Tokopedia beroperasi. Perusahaan marketplace ini harus mengelola data baik dari barang, merchant, akun member, kode promosi, logistic dan bahkan tracking pergerakan paket. Tanpa alat modern, data – data tersebut tidak akan dapat dikelola baik untuk tingkatkan efisiensi kinerja mereka.

Tantangan Penerapan Sistem Informasi dalam Bisnis

Dalam aplikasi information system di dunia bisnis, Anda tidak boleh sembarangan. Walaupun alat – alatnya mudah ditemukan dan digunakan, implementasi hal ini harus disesuaikan dengan usaha Anda. Sistem informasi pada perusahaan marketplace pasti berbeda dengan perusahaan developer software.

Informasi dan data yang digunakan harus dikelola berbeda. Terkadang bisnis kecil bahkan tetap menggunakan sistem yang kompleks karena tipe usaha yang dilakukan penuh dengan data yang wajib dipantau.

Penerapan data juga terkadang melibatkan pihak luar perusahaan. Perusahaan partner akan lebih efektif mengurusi kinerja tertentu. Contoh saja perusahaan bekerja sama dengan penyedia jasa delivery untuk mengantarkan barang ke pelanggan. Untuk mengantarkan barang dengan layanan baik, berbagai data harus dibahagiakan.

Tips Penerapan Sistem Informasi yang Baik

Untuk memastikan penerapan sistem informasi yang baik, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

  • Melakukan perencanaan system yang akan digunakan. Pastikan melakukan planning data apa saja yang harus dikelola dan didistribusikan. Setiap bagian perusahaan pasti membutuhkan data berbeda. Jadi pastikan membuat list dan perencanaan yang matang seputar hal ini.
  • Pilih alat yang mudah digunakan. Penggunaan program akuntansi perusahaan akan permudah pengelolaan data keuangan perusahaan. Pilihan program seperti ini ada banyak, karena itu coba pilih program mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.
  • Melakukan penyesuaian setiap siklus kerja. Sistem informasi harus terus berkembang menyesuaikan pergerakan perusahaan. Pastikan lakukan evaluasi dan penyesuaian minimal setiap tutup buku agar kinerja perusahaan selalu efektif.

Kesimpulan

Dari bahasan di atas, Anda bisa melihat apa sebenarnya information system itu. Hal ini lebih berhubungan dengan berbagai tool usaha yang digunakan untuk pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, analisa dan penyaluran data untuk perusahaan.

Menggunakan berbagai alat ini, produktivitas perusahaan jauh lebih bagus dibandingkan komunikasi via jalur tradisional. Pergerakan data keuangan misalnya tidak lagi harus lewat email, semua orang bisa akses server dengan menggunakan password dan melihat data keuangan perusahaan. Dari sini, pihak – pihak yang berwenang di perusahaan dengan mudah memenatau dan memproses data itu.

Dalam dunia bisnis, kecepatan kerja dan efisiensi adalah hal yang paling penting. Jika ada alat yang memudahkan penyebaran data dan informasi di perusahaan, mengapa tidak digunakan? Bagi para pemilik usaha, pastikan cari jalan untuk aplikasikan alat – alat informasi in dalam perusahaan Anda.

Terima kasih sudah membaca bahasan artikel tentang information system di dunia bisnis. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda!

Artikel lain