6 Tips Rumah Sempit Terlihat Luas dan Lapang

Rumah yang kecil seringkali menjadi pilihan keluarga modern karena beberapa alasan. Faktor ketersediaan lahan hingga biaya membuat rumah seringkali menjadi alasan membuat rumah kecil. Untungnya ada beberapa tips rumah kecil terlihat luas yang bisa dipraktekkan berikut ini.

Menggunakan Dinding Warna Cerah

Tips pertama untuk membuat rumah terlihat luas adalah dengan menggunakan warna cerah pada bagian dinding. Warna yang terang atau cerah memberi kesan luas dan lapang untuk menyamarkan rumah yang sebenarnya berukuran kecil atau sempit.

Pada arsitek serta desainer interior biasanya menyarankan untuk menggunakan warna putih, krem terang atau kuning lembut guna mendapatkan efek interior rumah kecil terlihat lebih luas. Warna cerah juga membuat rumah terlihat lebih terang karena memantulkan cahaya sehingga membuat bagian dalam rumah menjadi lebih nyaman.

Tidak Meletakkan Perabot Menempel Pada Dinding 

Menempatkan perabot pada posisi menempel di dinding mungkin terkesan bisa membuat ruangan menjadi terkesan lebih luas. Akan tetapi persepsi tersebut ternyata keliru karena justru membuat ruangan terkesan sempit dan penuh.

Hindari menggunakan perabot yang terlalu besar dan menempatkannya menempel di dinding. Perabot berukuran kecil dan diletakkan berjarak dari dinding justru lebih efektif dalam hal pemanfaatan ruang dan menghasilkan efek visual ruang yang lebih luas.

Jarak antara perabot dengan dinding menghasilkan jarak untuk bernafas. Efek visual berupa bayangan perabot pada dinding juga berperang dalam menghasilkan kesan ruangan terlihat lebih luas.

Menggunakan Cermin

Adapun tips rumah kecil terlihat luas yang lain untuk menghasilkan efek visual ruang yang terlihat lebih luas adalah dengan memasang cermin berukuran agak besar di salah satu sisi ruangan. Efek visual yang dihasilkan adalah munculnya kesan ruang adanya ruang serupa yang berada di dalam cermin sehingga ruang menjadi terlihat lebih luas. Untuk menghasilkan efek yang lebih dramatis maka bisa digunakan dua buah cermin di satu ruang.

Menggunakan Perabot Multi Fungsi

Tips lain memaksimalkan fungsi ruang di dalam rumah yang sempit adalah dengan memaksimalkan fungsi perabot atau furniture. Memakai perabot yang multi fungsi atau memiliki lebih dari 1 fungsi bisa membuat ruang yang ada menjadi lebih efektif.

Perabot tipe ini juga memakan lebih sedikit ruang karena memiliki wujud satu tetapi memiliki lebih dari satu fungsi. Meja berlaci atau memiliki kabinet bisa membuat ruang termanfaatkan lebih efektif ketika ditempati oleh sebuah perabot.

Karpet Bermotif Pola Berulang

Trik visual lain yang bisa menghasilkan ilusi ruang terkesan luas adalah dengan menggunakan karpet yang memiliki pola atau pattern berulang. Pilih pola berulang yang berukuran kecil agar bagian lantai ruang terkesan lebih luas. Hindari pola berukuran besar yang justru bisa membuat ruang terkesan sempit.

Menggunakan beberapa karpet dengan motif berbeda juga bisa menjadi alternatif untuk memperkuat kesan rumah kecil terkesan lebih luas. Usahakan untuk menggunakan karpet dengan warna yang juga cerah dan serasi dengan warna dinding.

Menggunakan Jendela serta Tirai Berukuran Tinggi dan Besar

Trik lain untuk menghasilkan efek ruang terlihat berat pada bagian dinding adalah dengan membuat jendela berukuran besar dan dilengkapi dengan tirai yang juga besar. Jendela besar memungkinkan banyak cahaya matahari masuk sebagai sumber penerangan alami yang kuat.

Sedangkan tirai yang besar dan tinggi bisa membuat ruang terkesan lebih bervolume karena ilusi visual berupa langit – langit yang tinggi. Trik ini bisa membuat ruang terkesan lebih lapang dari sudut pandang vertikal.

Itulah 6 tips rumah kecil terlihat luas yang bisa langsung diaplikasikan pada rumah sempit atau digunakan sebagai pertimbangan saat membuat rumah yang berukuran kecil.

Artikel lain