6 Tips Memilih Cat Rumah Agar Nyaman Dihuni dan Terlihat Indah

Pilihan warna cat ternyata tidak hanya membuat sebuah rumah terlihat luas, bersih dan indah. Warna cat yang digunakan ternyata juga bisa mempengaruhi mood dan tingkat kenyamanan penghuninya. Ada beberapa hal penting yang wajib dipertimbangkan dalam memilih warna cat agar penampilan rumah terlihat menarik sekaligus nyaman ditinggali. Berikut ini beberapa tips memilih cat rumah yang bisa dijadikan panduan dalam merencanakan dan memilih warna cat rumah.

1. Mencari Inspirasi Pilihan Warna

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari inspirasi warna yang ingin digunakan. Proses ini berkaitan dengan merencanakan akan menggunakan warna apa untuk mewarnai dinding rumah. Kondisi lingkungan dan karakteristik rumah merupakan dua hal utama yang sebaiknya digunakan sebagai panduan ketika mencari inspirasi warna.

Proses ini bisa dilakukan dengan melihat – lihat foto rumah di majalah atau situs desain interior. Cara memilih cat rumah yang lain adalah dengan melihat – lihat rumah yang memiliki karakteristik desain dan lingkungan serupa dengan rumah yang akan dicat.

2. Menggunakan Skema atau Tabel Warna

Langkah berikutnya dalam memilih warna cat rumah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan skema atau tabel warna. Tabel warna ini juga bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan inspirasi warna yang menarik dan cocok bagi dinding rumah.

Tabel warna juga bisa memudahkan untuk memilih kombinasi warna yang akan digunakan. Tabel ini bisa sangat memudahkan proses ini tanpa harus repot mempelajari teori tentang warna. Warna dari tabel bisa menjadi panduan memilih warna cat tembok meski mungkin memiliki tone atau shade warna yang sedikit berbeda.

3. Memanfaatkan Warna Netral

Salah satu tips memilih cat rumah yang aman untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan penggunaan warna netral sebagai pilihan warna utama. Langkah ini bisa jauh lebih praktis karena tinggal mencarikan paduan warna lain yang bisa digunakan untuk membuat tampilan warna rumah makin menarik.

Warna netral pada bagian dinding bisa dipadukan dengan warna – warna pastel yang diaplikasikan pada langit – langit ataupun bagian pintu dan jendela. Penggunaan warna netral juga memiliki efek menenangkan dan membuat ruangan lebih terasa nyaman.

4. Pertimbangkan Perabot dan Aksesori

Memilih warna dinding rumah yang sudah memiliki kelengkapan perabot dan aksesori membutuhkan usaha sedikit lebih banyak. Faktor perabot dan aksesori yang sudah ada sebaiknya juga dijadikan pertimbangan dalam hal memilih warna dinding.

Faktor warna serta motif perabot dan aksesori ini sebaiknya dipertimbangkan karena pada akhirnya akan menjadi bagian dari warna sebuah ruang. Pertimbangan kombinasi warna yang harmonis sebaiknya diutamakan agar keberadaan perabot dan aksesori yang sudah ada tidak menjadi polusi visual di sebuah ruang.

5. Kebutuhan Menyesuaikan Shade 

Pilihan warna yang tepat terkadang membutuhkan kejelian dalam memilih shade yang presisi agar menghasilkan efek yang nyaman dan tentu saja penampilan yang menarik. Penyesuaian shade bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan tabel warna cat.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan berkonsultasi dengan pihak penjual cat terkait pilihan shade warna yang paling sesuai. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan deskripsi yang jelas dan menunjukkan foto ruang atau rumah yang akan dicat.

6. Pertimbangkan Menyusun Warna Secara Vertikal

Susunan warna cat vertikal bisa menjadi alternatif yang menarik untuk diaplikasikan pada bagian dinding. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan warna gelap pada bagian bawah dan memakai shade atau pilihan warna yang lebih terang di bagian atasnya.

Itulah 6 tips memilih cat rumah yang bisa diaplikasikan agar memperoleh rumah dengan warna menarik dan menghasilkan suasana yang nyaman ketika berada di dalamnya.

Artikel lain