5 Tips Memilih Kitchen Set Yang Sesuai Kebutuhan

Ruang di dalam sebuah rumah bisa memiliki fungsi atau kegunaan yang spesifik. Salah satu ruang yang memiliki fungsi spesifik adalah dapur sehingga memiliki kebutuhan perabot yang juga spesifik. Tips memilih kitchen set bisa menjadi panduan dalam memilih salah satu perabot paling penting yang dibutuhkan oleh dapur.

Kitchen set tidak hanya tentang aspek fungsional karena kegunaannya dalam memudahkan aktivitas masak memasak, tetapi juga menjadi elemen dekoratif bagi sebuah dapur. Aspek fungsional dan estetika inilah yang dibutuhkan berimbang agar kitchen set memiliki fungsi optimal dan juga mempercantik tampilan dapur.

Berikut ini beberapa tips memilih produk kitchen set yang bisa digunakan sebagai panduan ketika membutuhkan perabot tersebut.

Perhatikan Ukuran Dapur

Salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan adalah ukuran dapur. Ukuran dan bentuk ruangan dapur harus menjadi faktor pertimbangan utama agar bisa memilih kitchen set dengan bentuk dan ukuran yang sesuai kebutuhan dan kondisi ruang.

Kitchen set yang terlalu besar bisa membuat ruang dapur menjadi sempit dan kehilangan ruang yang bisa dimanfaatkan. Pada kasus yang ekstrim sebuah kitchen set yang kebesaran bahkan tidak bisa digunakan karena tidak muat masuk ke dalam dapur.

Langgam Desain Kitchen Set

Hal lain yang sebaiknya menjadi perhatian adalah langgam desain kitchen set. Terdapat banyak langgam desain yang sebaiknya dipilih sesuai dengan gaya rumah dan ruang dapur yang akan ditempati oleh kitchen set tersebut.

Rumah dengan gaya minimalis sebaiknya juga menggunakan kitchen set dengan gaya minimalis atau sederhana. Sedangkan rumah bertipe klasik bisa memakai kitchen set yang memiliki desain bertipe rustic yang berkesan elegan dan mewah.

Faktor kebutuhan pemeliharaan sebaiknya juga menjadi bagian dari pertimbangan terkait langgam desain kitchen set. Bentuk yang sederhana atau minimalis umumnya lebih mudah dirawat dan dibersihkan jika dibandingkan dengan bentuk – bentuk yang rumit.

Pertimbangan Kapasitas Kitchen Set

Faktor ukuran kitchen set akan berkaitan langsung dengan kapasitas perabot tersebut. Rencana penggunaan dan kebutuhan di dapur akan menjadi pertimbangan tentang kapasitas kitchen set yang ideal untuk dibuat atau digunakan. Barang atau peralatan dapur apa saja yang akan digunakan atau sudah dimiliki merupakan pertimbangan utama untuk menentukan ukuran dan kapasitas yang sesuai.

Pertimbangkan Antara Produk Custom atau Siap Pakai

Salah satu tips memilih kitchen set yang penting adalah memilih antara kitchen set siap pakai atau membuat kitchen set custom. Memilih kitchen set custom bisa memberi beberapa keuntungan, terutama terkait dengan bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kondisi dapur. Kitchen set yang dibuat sesuai pesanan konsumen juga bisa menyesuaikan gaya atau langgam desain rumah dan dapur. Hal lain yang bisa disesuaikan adalah bahan hingga warna kitchen set tersebut.

Kelemahan dari produk kitchen set custom adalah harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kitchen set siap pakai. Kitchen set siap pakai bisa menjadi alternatif jika ada keterbatasan dana. Akan tetapi pemilihan kitchen set siap pakai wajib mempertimbangkan ukuran secara detail dan kesesuaian desain serta warna dengan ruang dapur yang sudah ada.

Perhatikan Kualitas Material

Produk kitchen set berkualitas bisa diperoleh dari perpaduan antara material atau bahan yang berkualitas serta kualitas pengerjaan yang baik. Faktor material ini umumnya berkaitan erat dengan harga. Kini ada cukup banyak pilihan material dengan kualitas baik dengan harga yang rasional. Material berupa HPL atau High Pressure Laminate bisa menjadi alternatif membuat kitchen set yang fungsional dan estetik dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Itulah 5 tips memilih kitchen set yang bisa menjadi pertimbangan ketika akan membuat ataupun membeli kitchen sebagai salah satu perabot untuk melengkapi dapur.

Artikel lain