5 Tips Jitu Pemasaran Online Untuk Membidik Konsumen Melalui Internet

Pemasaran bisa dikatakan sebagai salah satu bagian terpenting dari aktivitas ekonomi sebuah lembaga bisnis. Perkembangan teknologi memungkinkan ada skema baru dan strategi pemasaran yang sebelumnya tidak pernah ada. Salah satunya adalah pemasaran online yang menggunakan media elektronik berupa internet.

Keberhasilan pemasaran didasari oleh banyak hal; salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan identifikasi dan mengatur elemen – elemen dari praktek pemasaran yang memungkinkan pelaku bisnis merancang, membuat dan memutuskan strategi pemasaran online yang lebih berpotensi mendatangkan keuntungan. Beberapa strategi tersebut di antaranya berupa :

1. Pemasaran Visual

Praktek ini sebenarnya berasal dari adaptasi pemasaran analog yang berbasis visual, tetapi dipraktekkan di dunia maya. Iklan visual berupa gambar, infografis atau audio visual bisa menjadi cara menarik perhatian dan menghasilkan trafik yang bisa dikonversi menjadi penjualan.

Praktek ini bisa dimaksimalkan dengan memasang iklan di media sosial dengan memanfaatkan algoritma preferensi untuk meningkatkan efektivitas daya tarik pada target konsumen yang terpapar oleh iklan visual yang diunggah.

2. Pemasaran Berbasis Konten

Ciri khas dari strategi pemasaran berbasis konten ini adalah menggunakan format video, artikel, gambar atau perpaduan ketiganya. Kekuatan utama strategi ini ada pada daya tarik yang diciptakan dari konten yang digunakan untuk menawarkan dan memasarkan produk.

Strategi ini sangat umum digunakan dan bisa sangat tergantung dari kualitas konten untuk bisa menarik dan meyakinkan calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Salah satu cara praktis meningkatkan kepercayaan khalayak adalah dengan bantuan sosok populer atau influencer.

3. Pemasaran Berbasis Perangkat Mobile

Strategi pemasaran ini secara spesifik membidik target konsumen yang menggunakan mobile phone atau gawai. Hal ini didasari oleh besarnya pengguna perangkat tersebut sebagai bagian dari aktivitas sehari – hari. Strategi ini akan lebih fokus pada aktivitas menjangkau pengguna mobile phone melalui media – media yang sering diakses melalui gawai tersebut.

Salah satu poin penting dari strategi ini adalah memberikan pengalaman positif bagi pengguna gawai ketika mengakses informasi mengenai produk yang ditawarkan. Salah satunya dengan membuat desain iklan, situs atau aplikasi yang ramah smartphone atau tablet.

4. Pemasaran Digital Terpadu

Strategi pemasaran online ini bisa menjadi salah satu langkah taktis yang mengintegrasikan beberapa elemen secara bersamaan. Integrated digital marketing bisa dilakukan dengan menggabungkan beberapa elemen sekaligus.

Praktek strategi ini bisa dilakukan dengan membuat website atau blog yang berisi informasi dan melayani transaksi dan pada saat yang sama menggunakan medsos seperti Facebook, Instagram, TikTok atau Youtube sebagai media beriklan yang terhubung ke website. Unggahan di media sosial bisa menjadi salah satu cara menghasilkan trafik yang pada akhirnya bisa dikonversi menjadi transaksi penjualan.

5. Pemasaran Berkelanjutan

Continuous marketing atau strategi pemasaran berkelanjutan menjadi salah satu bagian utama dari praktek marketing secara online. Praktek ini memiliki fokus pada menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen atau calon konsumen yang tertarget.

Salah satu skema yang bisa dilakukan adalah dengan memasang iklan di media sosial. Iklan ini bisa sangat efektif karena akan muncul di pengguna media sosial yang sudah teridentifikasi memiliki preferensi atau ketertarikan pada produk yang ditawarkan.

Ketika paparan informasi berupa iklan atau upaya berkomunikasi ini dilakukan terus menerus, maka sugesti berupa ajakan untuk membeli produk yang didapat oleh calon konsumen akan semakin besar. Praktek ini bisa didukung dengan komunikasi yang lebih bersifat privat seperti pesan langsung melalui media komunikasi online.

Itulah 5 tips jitu pemasaran online yang bisa dicoba untuk diaplikasikan oleh pelaku bisnis yang ingin menjadikan dunia maya sebagai media beriklan dan memperoleh konsumen.

Artikel lain