E4 Seminar, Award and Closing

E4 Seminar, Award and Closing

Rabu, 9 Mei 2012, Fakultas Entrepreneur dan Humaniora (FEH), Universitas Ciputra (UC), mengadakan seminar tentang inovasi dan family business yang disampaikan oleh Antonius Tanan, Direktur Grup Ciputra dan Charles Saerang, pemilik Nyonya Meneer. Selain mengadakan seminar FEH juga mengadakan award bagi mahasiswa dan projeknya yang berprestasi di mata kuliah E4.

Antonius Tanan menjelaskan bahwa inovasi adalah kreatifitas yang disambut oleh pasar, bukan sekedar kreatifitas. Kita harus terus berinovasi karena segala sesuatu yang baru sekarang, suatu kali akan menjadi konvensional dan lama kelamaan menjadi tradisional. Pak Ci berkata “Kita barang kali sekarang adalah yang pertama kali, yang paling agresif untuk entrepreneurship. Namun, kedepannya itu akan berubah”. Antonius Tanan menekankan bahwa “Pada saat mencapai titik inovatif, customer tidak bisa bilang tidak kepada anda, itulah sebuah inovasi”. Banyak orang yang menyadari bahwa entrepreneurship itu memang penting tapi “how?”, yang terpenting adalah apa dan bagaimana entrepreneurship itu. Ada 3 kata kunci dalam entrepreneurship, yaitu opportunity creation (penciptaan peluang), innovation (inovasi) dan risk (resiko). 3 kata kunci tersebut telah diteliti oleh para ahli dan telah menjadi bagian yang sangat penting dari entrepreneurship.

Pemilik perusahaan jamu terkemuka di Indonesia, Charles Saerang, berharap sebgai pelaku bisnis keluarga dapat mempertahankan sampai 15 generasi. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam perusahaan keluarga salah satunya adalah penempatan dalam cara pikir berbeda dan lingkungan juga sangat menentukaan. “Seperti ayah anda punya anak 2. Satu sekolah di Jepang dan satu di Inggris, dan pada waktu pulang tidak dapat bekerja sama. Karena jika anda di Jepang manajemen by groups dan jika di Inggris by individual”. Beliau sangat senang diundang untuk sharing kepada mahasiswa. Selain itu juga biasanya perusahaan keluarga sangat rentan dengan zona nyaman. Kreatif dan inovatif adalah kunci bertahan dalam bisnis. Produk yang kreatif belum tentu inovatif, tapi kalau inovatif pasti kreatif, karena inovatif merupakan kumpulan dari beberapa kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *