E2 Closing Ceremony

E2 Closing Ceremony

Rabu, 23 Mei 2012, Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora (FEH) Universitas Ciputra (UC), mengadakan acara penutupan mata kuliah E2 yang dibawakan oleh Antonius Tanan (salah satu direksi dari Ciputra Group dan pengurus Yayasan Pendidikan Ciputra yang menaungi UC) dan Denny Bernadus (direktur dari Ciputra Group dan terlibat aktif dalam Board Member UC).

Dalam seminar yang dibawakannya Antonius Tanan memberikan sebuah kisah berjudul “My Cheese, Where is My Cheese” yang diumpamakan sebagai ladang uang. Cheese suatu hari akan habis. Ada 4 ekor hewan yaitu 2 ekor tikus, 1 ekor kelinci dan 1 ekor anjing yang masing-masing memiliki karakter tersendiri. Tikus, dalam kondisi berhabitat ditempat gelap dan menemukan banyak labyrinth, sehingga membuatnya berani mencoba tantangan yang baru. Kelinci, hewan yang mencari makan di ladang yang ada di depannya, kelinci baru menyadari di waktu terakhir. Pada saat pindah ke ladang lain, kelinci menemukan tikusnya sudah terlebih dahulu berada di sana. Anjing, hewan yang mendapatkan makanan melalui pemberian dari orang lain, mengkonsumsi apa yang disediakan oleh orang lain. Saat cheese-nya habis, anjing baru menyadari di waktu terakhir dan hanya bisa menyalahkan keadaan dan orang lain. “Saya berharap dari story diatas dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk selalu melakukan perubahan” pesan Antonius Tanan. Beliau juga menyampaikan “Saya bergembira melihat hasil dari adik-adik yang ada di UC, bagaimana mereka berusaha berinovasi walaupun baru semester 2.  Kalau ini terus dilakukan, suatu hari kelak adik-adik di UC akan menjadi leading innovation untuk Indonesia, saya sangat berharap itu dapat terjadi dan saya dapat melihatnya kelak.”

Presentasi refleksi E2 disampaikan oleh Denny Bernadus, beliau menyampaikan “Sangat senang terhadap antusiasme mahasiswa E2 dalam menggali ide-ide, maupun kekuatan dalam dirinya. Saya juga senang melihat kekompakan para fasilitator dalam me-mentorship para mahasiswanya.” Beliau juga berpesan “Pesan saya untuk mahasiswa UC, 1) berani bekerja keras untuk suatu hasil yang luar biasa, 2) berani men-challenge diri sendiri untuk memiliki resiko yang lebih tinggi karena dengan lebih berani, kalian dapat mendapatkan sesuatu yang lebih baik bagi masa depan anda”.