Company Visit – PT Sierad Produce Tbk

Company Visit – PT Sierad Produce Tbk

Company Visit – PT Sierad Produce Tbk

Pada tanggal 3 Oktober 2013, Jurusan Business Information System Universitas Ciputra melalui mata kuliah Managerial Skill yang diampu oleh Bpk. Sandy Wahyudi dan Bpk. Rinabi Tanamal mengadakan Study Trip di Pabrik pakan ternak PT. Sierad Produce. PT.Sierad Produce merupakan perusahaaan hulu ke hilir yang berawal dari industri ternak ayam broiler berkembang memiliki beberapa cabang seperti pakan ternak, pembibitan dan penetasan telur, pertanian, pemotongan ayam, peralatan peternakan, produksi tepung ikan dan outlet BelMart. Perusahaan Sierad yang kami kunjungi di Sidoarjo merupakan cabang untuk produksi pakan ternak Feedmeal yang memiliki total 300 pegawai dengan kapasitas produksi 8 ton per jam atau 500 ribu ton per tahun. Produksi dibagi menjadi 2 yaitu Foodmeal (pengolahan / produksi pengolahan ayam menjadi makanan olahan seperti chicken nugget) dan Feedmeal (produksi untuk pakan ayam peternak, ayam petelur dan pakan babi).

Selama mengikuti rangkaian acara mulai dari pengenalan bisnis pakan ternak, sesi tanya jawab dan keliling pabrik, kami mendapatkan banyak pembelajaran dan informasi baru mengenai manajemen dan pengaplikasian IT pada perusahaan tersebut.

PT Sierad Produce Tbk merupakan perusahaan yang berskala besar dan nasional sehingga memiliki sistem yang cukup baik. Sistem tersebut sudah terintegrasi dengan baik sehingga proses produksi dapat dikontrol dengan baik. Software yang digunakan yaitu Brill, Nutricell, Microsoft Dynamic, Scada, PLC, Bredol, dan evorik degusa. Software-software tersebut telah terintegarasi dengan baik yang memudahkan dalam menjalankan segala proses yang ada. PT Sierad Produce Tbk menggunakan ASAPTA sebagain pengganti SAP.

Kami disambut baik oleh Bpk. Amin Zarkasie selaku Business Unit Head, Bpk.Robby Alexander selaku plant Manager dan Sigit Prihartanto selaku MIS Manager PT Sierad Produce Tbk. Dengan visi, “Menjadi perusahaan pangan berbasis unggas terpadu di Indonesia yang menciptakan nilai bagi para pemegang saham secara berkesinambungan dengan menjalankan usaha dengan keunggulan yang mampu melebihi harapan para pemegang saham”, Sierad Produce dapat memberikan banyak pembelajaran yang berharga bagi kami semua. (red/rob)