FAMILY BUSINESS CENTER UC : Co-partnership in Family Business

FAMILY BUSINESS CENTER UC : Co-partnership in Family Business

Setiap bisnis memiliki jenis kepemimpinan yang berbeda antara dewan pimpinan dan pekerja biasa. Di dalam bisnis keluarga, struktur kepemimpinan seringkali diisi oleh individu yang memiliki hubungan kekerabatan. Berikut adalah beberapa tipe derajat co-partnership di dalam bisnis keluarga:

  • Autonomous

Bisnis keluarga dipimpin oleh seorang ‘superman’ yang mendominasi segalanya. Pemimpin mengambil seluruh kekuasaan dan keputusan tanpa memerlukan masukan atau saran dari anggota lain.

  • Assistant

Pemimpin perusahaan memiliki satu orang asisten (tangan kanan) yang dapat dipercaya. Pemimpin dapat meminta masukan dari tangan kanannya namun keputusan akhir tetap di tangannya.

  • Reciprocal

Perusahaan memiliki tim yang bekerja sesuai dengan bidangnya (cth: CFO, COO, CMO, dll). CEO adalah pengambil keputusan terbesar dan mendapat support dari anggota-anggota lain sesuai dengan bidangnya.

  • Balance

Pemimpin perusahaan memiliki partner yang seimbang dalam hal support dan otoritasnya walaupun mungkin memiliki tanggung jawab yang berbeda (cth: produksi dan penjualan, keuangan dan operasional, dll). Salah satu individual dapat memiliki otoritas yang lebih tinggi di satu bidang namun kontribusi seluruh partner juga sangat penting.

  • Equal

Kepemimpinan perusahaan dibagi rata antar 2 orang atau lebih. Keduanya memiliki tingkat support dan otoritas yang sama. Pengaruh kepemimpinan masing-masing individu mungkin berbeda namun wewenangnya sama.

  • Transitional

Pemimpin pada level ini berupaya untuk menyerahkan kepemimpinannya pada calon penerusnya. Calon penerus mendapat banyak support dari atasannya. Namun, dalam banyak kasus, transisi memiliki banyak masalah karena kurangnya kepercayaan atasan terhadap calon penggantinya.

 

Bagaimana bentuk co-partnership di perusahaan keluarga Anda?

 

Model struktur kepemimpinan dan pembagian kewenangan di bisnis keluarga – bagian 1

(Disadur dari artikel jurnal “Critical leader relationships ini family firms” oleh Nigel Nicholson and Asa Bjornberg di Handbook of Research on Family Business)