CLAVICULA “Clean Behavior Create Healthy Life Ahead” dengan tema “Aku Pahlawan Kesehatan”

CLAVICULA “Clean Behavior Create Healthy Life Ahead” dengan tema “Aku Pahlawan Kesehatan”

Dalam rangka penerimaan anggota Student Union (SU) Fakultas Kedokteran UC 2108/2019, SU FKUC 2017/2018 mengadakan magang untuk calon anggota baru. Magang ini diwujudkan dalam bentuk acara penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) yang bertajuk CLAVICULA “Clean Behavior Create Healthy Life Ahead” dengan tema “Aku Pahlawan Kesehatan”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2018 di SDN Made I Surabaya dengan target siswa kelas 3 SD. Acara ini berlangsung pada pukul 08.00-13.00 dan dibungkus dalam Rally Games yang terdiri atas edukasi cuci tangan, makanan sehat dan juga sampah organik non-organik . Selain Rally Games, juga ada penyuluhan tentang edukasi cara menggosok gigi oleh DENTEAM FKG UNAIR. Di awal dan akhir acara para siswa SDN Made 1 juga diberikan pretest dan postest untuk menguji kepahaman dari siswa.

Acara dibuka dengan penyampaian sambutan dari kepala sekolah Hj. Sri Hastuti, S.Pd, kemudian dilanjutkan sambutan dari Putu Gede Julian Yuan Pratama selaku ketua acara dan Presiden SU FKUC 2017/2018, Muhammad Satryo Aji Pamungkas. DENTEAM FKG UNAIR juga ikut berpartisipasi dalam acara ini, dengan memberikan penyuluhan seputar masalah gigi. Materi penyuluhan berisi tentang edukasi waktu yang tepat untuk menyikat gigi, cara menyikat gigi yang benar disertai dengan lagu-lagu yang interaktif sehingga siswa-siswi mudah untuk memahami materi. Di akhir penyuluhan, siswa-siswi mempraktikkan secara langsung sikat gigi yang benar.

Acara dilanjutkan dengan Rally Games yang dibagi menjadi 3 pos. Pos pertama diisi tentang edukasi Cuci Tangan yang Benar. Di pos ini siswa-siswi diajari langkah-langkah untuk cuci tangan yang disampaikan dalam bentuk lagu dan siswa langsung mempraktikkan cuci tangan yang benar. Pos kedua diisi tentang Edukasi Sampah Organik Non-organik. Di pos ini siswa-siswi diberi wawasan tentang contoh-contoh sampah organik dan anorganik yang juga berbeda tempat pembuangannya. Pos terakhir diisi dengan Edukasi Makanan Sehat. Siswa-siswi diajari untuk memilih makanan yang terhindar dari 5P (Pengawet, Pengental, Pemanis, Pewarna, Penyedap).

Acara ditutup dengan tanya jawab berhadiah untuk siswa-siswi SDN Made I Surabaya, penyerahan plakat kepada Kepala Sekolah SDN Made I Surabaya dan foto bersama.

 

(Kontributor : Nathania Disa Ariesta – MED 2016)